1 Abad NU, Muhammadiyah Siapkan Ribuan Porsi Makanan Hingga Bantuan Medis Untuk Nahdliyin

Reporter : Jenik Mauliddina

Optika.id - Organisasi Islam Muhammadiyah turut memberi dukungan dengan meyiagakan ambulans dan menyediakan ribuan porsi makanan dan minuman untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin yang mengikuti acara Puncak Resepsi Satu Abad NU, Selasa (7/2/2023).

Baca juga: Fiqh Baru dan Piagam PBB

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Dr. Sukadiono mengatakan, ambulans dan tim medis saat peringatan Harlah 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa, 6-7 Februari 2023.

Atas nama PWM Jatim, kami mengucapkan selamat harlah 1 abad NU. Muhammadiyah akan selalu siap menjadi saudara yang saling mendukung demi kebesaran bangsa ucap Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut dikutip Antara.

Ia mengatakan Muhammadiyah siap selalu bersinergi bersama NU untuk memunculkan situasi menyejukkan melalui misi rahmatan lil alamin.

Selain itu, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Hidayatulloh juga menyampaikan selin itu, muhhamdiya pihaknya juga menyiapkan tempat parkir kendaraan maupun tempat istirahat untuk dua ribu orang. Sakaligus ribuan porsi makanan untuk jemaah NU yang transit di Perguruan Muhammadiyah Sidowayah, Jalan Mojopahit 666 B Sidoarjo.

"Kami menyediakan makanan dan minuman yang dibagikan secara gratis, yaitu air mineral sembilan ribu botol, minuman kopi, teh, dan snack untuk dua ribu orang, nasi dua ribu bungkus, dan bakso tiga ribu porsi," katanya dilansir dari laman PWMU.

Baca juga: DLHK Sidoarjo Belum Datang, Pasukan Semut "YPM" Bersihkan Sampah Berserakan di Harlah 1 Abad NU

Semua fasilitas tersebut disiapkan Ia menerangkan, rencana penyambutan Nahdliyin di Sidoarjo tersebut merupakan gabungan dari berbagai elemen, yakni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo.

Kemudian, Organisasi Otonom Muhammadiyah, Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Sidoarjo, dan takmir masjid Annur.

Ketua PDM Sidoarjo Zainul Muslimin juga menerangkan, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Sidoarjo turut menyiapkan cemilan dan kopi dengan konsep angkringan secara cuma-cuma alias gratis pada Senin (6/2/2023) malam hingga esok Selasa (7/2/2023).

Baca juga: Peringatan 1 Abad NU, Warga Nahdliyin Pasuruan Jalan Kaki Bareng ke GOR Delta Sidoarjo

Ia menuturkan, sumber pembiayaan logistik tersebut berasal dari Smamda Sidoarjo, Umsida, dan Lazismu Sidoarjo.

Menurut Zainul, organisasi Muhammadiyah juga berkewajiban untuk memuliakan tamu warga NU di Sidoarjo, sebagai tetangga tuan rumah Harlah 1 Abad NU.

"Kami siapkan semua lokasi yang kami miliki untuk parkir bus dan atau mobil kecl, tempat istirahat dengan MCK yang memadai, penyediaan makan, snack, dan minuman," ujarnya, Minggu (5/2/2023).

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru