Beri Bantuan Perahu Pencacah Enceng Gondok, Kwarcab Pramuka Lamongan Lancarkan Aliran Sungai Bengawan Jero

Reporter : Danny

Optika.id, Lamongan - Intensitas hujan yang meningkat beberapa minggu terakhir membuat debit air sungai bengawan jero di Kabupaten Lamongan mengalami peningkatan, hal ini semakin diperparah dengan lebatnya eceng gondok yang memenuhi aliran sungai.

Baca juga: Festival Kerapu Lamongan, Pertegas Potensi Desa Labuhan Sebagai Produsen

Untuk memperlancar aliran sungai dari eceng gondok maupun sampah yang menghambat, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Lamongan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyerahkan bantuan perahu pencacah eceng gondok dan perahu akomodasi yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan eceng gondok di bantaran sungai Bengawan Jero di wilayah Kecamatan Turi dan Kalitengah.

Penyaluran perahu diserahkan langsung oleh Bupati Yuhronur yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Lamongan bersama Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lamongan Moh Nalikan di Jembatan Kiringan Kecamatan Turi, Rabu (15/2/2023).

"Perahu ini merupakan bantuan dari Kwarcab Lamongan yang bisa dimanfaatkan untuk menyapu eceng gondok. Kita harapkan dengan bantuan perahu ini bisa membersihkan eceng gondok sehingga memperlancar arus air menuju pembuangan. Kepada Pak Camat Turi dan Camat Kalitengah, bantuan ini dapat dioperasionalkan mendampingi perahu cacah yang sudah ada," terang Pak Yes sapaan akrabnya.

Baca juga: Anugerah Pandu Negeri, Tata Kelola Lamongan Diakui Internasional

Sejak November tahun lalu, program gerakan perahu penyapu eceng gondok (Garpu Sendok) terus dilakukan hingga sekarang dan akan berlanjut hingga tuntas.

"Dengan tambahan perahu pencacah ini diharapkan semakin mempercepat gerakan garpu sendok yang telah terlaksana sepanjang 27 KM dari target 40 KM. Sehingga memperlancar aliran air dan tidak terganggu lagi dengan eceng gondok dan sampah," ucap Pak Yes.

Berkesempatan hadir di tengah-tengah masyarakat, Pak Yes mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan, serta mendorong agar aktivitas belajar mengajar terus maksimal.

Baca juga: Kalapas Lamongan Serah Terima Jabatan, Sinergi Wujudkan Lingkungan Nyaman!

"Mari kita semua saling gotong royong untuk menjaga kebersihan sungai. Bahkan aktifitas tidak boleh berhenti. Bagi sekolah-sekolah yang terdampak banjir agar cepat ditangani dan dicarikan solusi. Jangan sampai proses belajar mengajar berhenti. Bisa memanfaatkan balai desa," lanjutnya.

Selain menyalurkan bantuan perahu, bertempat di Balai Desa Kemlagilor, Pak Yes juga menyerahkan bantuan sebanyak 508 paket sembako kepada masyarakat terdampak banjir yang tersebar di enam desa di Kecamatan Turi. Dimana masing-masing-masing paket berisi beras 5 kg, minyak goreng dan mie instan.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru