BKPSDM Lamongan dengan FISIP Unair Gelar Seminar Birokrasi Daerah yang Gesit dan Cergas!

Reporter : Danny

Optika.id - BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Lamongan berkolaborasi dengan FISIP (Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik) Universitas Airlangga menggelar seminar "Tata Kelola Pemerintahan yang Agile dan Dinamis Sebagai Langkah Akselerasi Mewujudkan Birokrasi Berkelas Dunia". Agar birokrasi daerah menjadi gesit dan Cergas!

Baca juga: ASN Lamongan Gaungkan Semangat Menuju Pemerintahan Dinamis Berkelas Dunia!

Hal ini sebagai bukti BKPSDM Kabupaten Lamongan melaksanakan 4 langkah untuk menuju tata kelola Pemerintah Berkelas Dunia.

Seminar tersebut digelar hari ini, Selasa (14/3/2023) pukul 08.00-11.30 WIB yang bertempat di Aula Gadjah Mada Pemkab lantai 7.

Tampil sebagai pembicara yakni Dr Abdul Aziz, M.Si (Dosen Fisip Universitas Brawijaya) dan Dr. Aribowo (Dosen Fisip Unair) dan Adinda Putri (Presenter TVRI) sebagai moderator.

Kepala Dinas BKPSDM Lamongan Shodikin berkomitmen menciptakan tata kelola Pemerintahan Kabupaten Lamongan yang berkelas dunia. Yakni diawali dengan upaya dasar yakni pemberdayaan sumber daya manusia terutama dari kalangan ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Lamongan.

"Menjadi bagian dari penyelenggara tata Pemerintahan Daerah, ASN memiliki tanggung jawab memberikan layanan yang handal dan berkualitas seperti tagline yang ditetapkan untuk ASN "ASN Bangga Melayani Bangsa"," kata Shodikin ketika membuka seminar.

Di antaranya, lanjutnya, ialah mengelola kelembagaan dari struktural menjadi fungsional yang bertujuan untuk membentuk ASN lebih lincah terhadap tugasnya, menyusun kebijakan Pemerintahan dengan melibatkan publik, akademisi, media dan lainnya, menerapkan budaya kerja dengan target, dan adanya pengawasan melekat baik dari internal maupun eksternal.

Baca juga: Lamongan Butuh ASN yang Profesional dan Berintegritas

"Kita mulai melakukan perubahan dalam melakukan budaya kerja, yang sudah kita terapkan ialah perubahan pada SDM nya terutama para ASN karena merupakan bagian dari penyelenggara Pemerintahan," tuturnya.

Ditegaskan oleh Shodikin, 4 upaya tersebut diyakini mampu mememuni kriteria Pemerintahan berkelas dunia yakni profesional, integritas, orientasi kepublikan, budaya pelayanan yang tinggi, serta memiliki wawasan global.

Selain harus beradaptasi dengan segala perubahan yang ada, Pemerintah juga harus mulai merancang pengelolaan segala sektor untuk menuju go internasional. Hal tersebut dikatakan oleh Dosen Ilmu Politik Universitas Brawijaya Dr Abdul Aziz yang juga menjadi narasumber pada seminar yang diikuti perwakilan ASN lingkup Pemkab Lamongan.

"Pemkab harus mulai merancang pengelolaan untuk menjadi mendunia. Seperti halnya mengelola potensi yang dimiliki jangan hanya tingkat regional, tetapi harus mulai memikirkan penjualannya mulai dari pengemasan hingga ekspornya," kata Abdul Aziz.

Abdul Aziz juga mengajak para ASN Lamongan untuk bisa melawan kultur birokrasi dari otoritarian atau feodalistik agar bisa menjadi kultur profesionalisme atau berkinerja tinggi.

Diketahui, peserta seminar berjumlah 350 orang yang terdiri dari di Kabupaten Lamongan, mulai dari aparatur Kecamatan sampai Dinas Sosial.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru