Ini Balasan Menohok BEM UI atas Pernyataan "LSM Didanai Asing"

Reporter : angga kurnia putra

Optika.id-Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) mempersilakan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini membuktikan kecurigaannya soal kritik BEM UI seperti didanai lembaga swadaya masyarakat (LSM) asing. BEM UI mengatakan pihaknya siap membuktikan kritik terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Cipta Kerja adalah murni suara mahasiswa.

"Kalau bilang disusupi asing dan sebagainya, silakan dibuktikan saja. Karena BEM UI siap membuktikan semua," kata Ketua BEM UI Melki Sedek Huang saat dihubungi Optika.id, Kamis (23/3/2022).

Melki mengatakan Faldo yang pernah menjadi KetuaBEM UI, semestinya paham cara-cara mahasiswa mengkritik. "Bang Faldo ini kan dulunya ketua BEM UI. Tentunya Bang Faldo paham tata cara yang baik dalam kita kemudian melakukan kritik," ucap Melki.

Melki kemudian menyebut Faldo semestinya memahami kritik BEM UI bertujuan menyadarkan anggota dewan. Melki menilai DPR saat ini takon the track.

"Bang Faldo juga pahamlah bahwa kritik itu memang harus untuk menyadarkan anggota DPR saat ini, bahwa mereka sedang tidak bekerja di jalan yang benar," ujar Melki.

Sebelumnya Faldo mengomemtari kritikBEM UIterkait Perppu Cipta Kerja. Faldo lantas menyindir BEM UI yang narasinya mirip LSM didanai asing dan mengkhawatirkan perjuangan BEM UI dimanfaatkan pihak lain.

"Di sisi lain, mereka juga kadang naif. Banyak kepentingan memanfaatkan ketulusan perjuangannya. Narasinya mirip kayak LSM yang didanai asing, juga kelompok antipemerintah yang dari awal 'asal bukan Jokowi', biar laku dagangannya di 2024 nanti," jelas Faldo.

Perihal partisipasi masyarakat, Faldo menjelaskan Satgas Ciptaker sudah melakukan berbagai kegiatan di semua daerah. Dia meminta BEM UI tidak hanya teriak-teriak, tapi ikut terlibat.

"Kalau Anda yang tidak pernah ikut, maka partisipasinya jadi tidak bermakna? Kalau memang peduli, ya datang dari kemarin-kemarin. Tapi kalau cuma teriak begini, ya silakan saja, apalagi kalau cuma itu kemampuan terbaik Anda," ujar Faldo.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru