Waspada Masalah Kesehatan dengan Deteksi Warna Urine

Reporter : Uswatun Hasanah

Optika.id - Anda pasti sudah tidak asing dengan stiker yang biasanya dipasang di kamar mandi umum tentang warna urine beserta penjelasan dan kondisinya. Memang, anda bisa mendeteksi beberapa kondisi medis melalui urine.

Baca juga: Kesehatan dan Alkohol: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan urine yang diproduksi ketika darah melewati ginjal yang menyaring kelebihan limbah dan air dapat mendeteksi kebiasaan konsumsi anda hingga kondisi tubuh yang kekurangan cairan atau tidak.

Limbah tubuh ini nantinya mengalir melalui tabung yang dikenal sebagai ureter dan disimpan dalam kandung kemih sampai tubuh memberi sinyal untuk segera melakukan buang air kecil.

Mengutip dari lama Everydayhealth, Rabu (29/3/2023), dalam tubuh, jumlah urine kira-kira mengandung 95% air dan sisanya terdiri dari ribuah senyawa yang telah diolah tubuh baik anorganik maupun organic dan dikeluarkan oleh tubuh.

Urine yang normal dengan tubuh yang normal biasanya berwarna kuning muda hingga kuning tua. Kendati demikian, warna urine juga bisa bervariasi tergantung keadaan. Bisa dari kuning pucat, hingga kuning gelap atau bahkan kecokelatan.

Tak hanya kondisi tubuh, warna urine juga bervariasi tergantung dengan apa yang dimakan, obat yang konsumsi, serta berapa banyak air yang diminum.

Berikut ini indikasi beberapa warna urine yang terkait dengan kondisi kesehatan seseorang:

Kuning Muda Hingga Kuning Tua

Ini adalah warna urine yang normal. Menandakan bahwa seseorang sedang berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan cukup minum atau terhidrasi.

Kuning Terang

Warna urine ini menunjukkan bahwa seseorang bisa saja telah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pewarna seperti makanan berwarna terang atau minuman energy. Kendati demikian, warna urine seperti ini menunjukkan bahwa tubuh cukup terhidrasi dan sehat.

Kuning Gelap

Baca juga: Kenali Penyebab Kesemutan pada Wajah dan Waktu yang Tepat untuk Konsultasi

Warna urine ini dinilai menunjukkan tubuh sedang mengalami dehidrasi ringan namun tubuh cukup terhidrasi. Kendati demikian, ada beberapa kondisi kesehatan yang dialami oleh beberapa orang dengan warna urine seperti ini misalnya infeksi saluran kemih, penyakit hati dan dehidrasi yang parah.

Kuning Kecokelatan atau Cokelat

Biasanya, warna urine seperti ini terkait dengan kondisi medis serius seperti penyakit ginjal, gangguan hati atau mengalami dehidrasi yang parah. Segera cukupkan dehidrasi tubuh dengan meminum air.

Merah atau Merah Kecokelatan

Biasanya warna urine merah atau merah kecoklatan yakni sebagai indikasi masalah kesehatan yang cukup serius. Beberapa kondisi yang menyertainya yakni infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan kanker.

Baca juga: 5 Perubahan Warna Lidah yang Mengungkap Kondisi Kesehatan Anda

Biru atau Hijau

Bukanlah warna yang normal untuk ukuran urine manusia dan biasanya menunjukkan adanya masalah kesehatan atau telah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Seperti beberapa makanan atau minuman mengandung pewarna hijau atau biru yang mempengaruhi urine. Misalnya jelly atau minuman energy.

Keruh atau Putih

Warna urine yang keruh atau putih dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan yang serius, seperti infeksi saluran kemih, infeksi jamur, dan masalah ginjal.

Itu tadi indikasi kesehatan seseorang jika dilihat dari warna urine. Tetap perhatikan kesehatan kalian dengan peka terhadap hal-hal kecil seperti tadi ya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru