Pak Yes Hadiri Reformasi Birokrasi Tematik Bersama MenPAN-RB

Reporter : Danny

Optika.id, Lamongan - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menghadiri Sosialisasi dan Asistensi Reformasi Birokrasi Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 yang diselenggarakan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Selasa (11/4/2023).

Baca juga: Festival Kerapu Lamongan, Pertegas Potensi Desa Labuhan Sebagai Produsen

Menjadi keynote speaker dalam acara tersebut, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, sosialisasi yang dihadiri seluruh kepada daerah dan aparatur pemerintah se-Jawa Timur ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya mendorong instansi pemerintah agar menghasilkan reformasi birokrasi yang lebih berdampak kepada masyarakat.

Sesuai arahan Pak Presiden Joko Widodo kita berkali-kali diarahkan birokrasi yang berdampak, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas dan birokrasi lincah dan cepat. Sehingga kesibukan kita ini bisa diukur. Tapi saya bangga bahwa leadership di Jawa Timur ini gesit-gesit sehingga birokrasinya mau tidak mau juga ikut bergerak, ucap Anas dalam rilis yang diterima Optika.id, ditulis Rabu, (12/4/2023).

Anas juga menjelaskan, bahwa ada tujuh program prioritas Kementrian PANRB yang terus diselesaikan.

Baca juga: Anugerah Pandu Negeri, Tata Kelola Lamongan Diakui Internasional

Pertama, pemangkasan proses bisnis layanan kepegawaian yang berdampak pada jutaan ASN. Kedua, penerapan reformasi birokrasi tematik pada 4 kluster prioritas. Ketiga, transformasi profesionalisme ASN berbasis digital yang meliputi penyederhanaan birokrasi dan jabatan fungsional, serta penataan tenaga non-ASN.

Kemudian yang keempat yakni akselerasi pembentukan MPP dan MPP digital. Kelima, penguatan sistem pemerintahan berbasis digital. Keenam, percepatan penyusunan kebijakan kelembagaan, tata kelola dan ASN menuju IKN Nusantara dan DOB Papua. Ketujuh, transformasi sistem pendidikan ASN mendukung percepatan reformasi birokrasi tematik.

Baca juga: Kalapas Lamongan Serah Terima Jabatan, Sinergi Wujudkan Lingkungan Nyaman!

Inilah masalah yang harus dibereskan, istilahnya customer internal. Jadi urusan birokrasi harus beres, pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru