Lamongan Raih Predikat Daerah Pembangunan Terbaik se-Jawa Timur

Reporter : Danny

Optika.id - Pemerintah Kabupaten Lamongan meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik I kategori Kabupaten tingkat provinsi Jawa Timur tahun 2023 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Baca juga: Festival Kerapu Lamongan, Pertegas Potensi Desa Labuhan Sebagai Produsen

Penghargaan itu diserahkan Gubernur JatimKhofifah Indar Parawansakepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2024, pada Kamis (13/4/2023) di Shangri-La Hotel Surabaya.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi yang diberikan kepada pemerintah daerah yang menunjukkan peningkatan kualitas perencanaan melalui penilaian dokumen RKPD, aspek pelaksanaan, pencapaian, hingga inovasi pembangunan.

Tujuan pemberian penghargaan tersebut adalah pertama untuk mendorong pemerintah daerah menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan. Kedua, mendorong integrasi sinkronisasi dan sinergi antara perencanaan pusat dengan daerah.

Ketiga, mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan. Keempat, mendorong pemerintah daerah untuk terus berinovasi di bidang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Bupati Yuhronur mengungkapkan bahwa proses yang harus dilalui Pemkab Lamongan hingga menjadikan terpilih sebagai Kabupaten Terbaik Pertama di Jatim ini cukup panjang.

Baca juga: Anugerah Pandu Negeri, Tata Kelola Lamongan Diakui Internasional

Mulai dari tahap awal dilaksanakannya penilaian oleh tim penilai provinsi (penilaian RKPD dan dokumen inovasi), penentuan nominasi daerah (verifikasi dan wawancara), penentuan kabupaten/kota terbaik oleh provinsi, hingga mengikuti tahapan penilaian oleh tim pusat. Barulah Lamongan masuk sebagai 16 nominasi kabupaten tingkat nasional.

Ada beberapa lingkup penilaian yang dilakukan, mulai dari proses penyusunan RKPD, kualitas dari dokumen perencanaan daerah, pencapaian pembangunan daerah, ditambah inovasi pembangunan yang dikembangkan. Alhamdulillah Lamongan menjadi kabupaten terbaik dengan peringkat I di tingkat provinsi, dan masuk dalam 16 nominasi di tingkat nasional, katanya dalam rilis yang diterima Optika.id, ditulis Jumat (14/4/2023).

Lebih lanjut orang nomor satu di Lamongan ini mengaku, dirinya percaya bahwa melalui kualitas perencanaan yang baik maka keberhasilan dalam pembangunan pun akan dapat terlaksana dengan baik.

Baca juga: Kalapas Lamongan Serah Terima Jabatan, Sinergi Wujudkan Lingkungan Nyaman!

Kedepan masih banyak tantangan yang perlu kita hadapi, permasalahan pendidikan, kesehatan, kemiskinan, stunting dan penyakit lain, percepatan pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar, juga banyak lainnya, yang ini perlu sekali direncanakan dengan matang, direncanakan sebaik-baiknya, tutur Yuhronur.

Melalui perencanaan yang baik dan terstruktur, maka saya yakin keberhasilan dalam pembangunan daerah ini akan dapat kita laksanakan dengan baik pula, imbuhnya

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru