Minggu Penuh Intrik Politik, Usai Deklarasi Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP

Reporter : Eka Ratna Sari

Gambar: Ganjar Pranowo resmi diumumkan sebagai Capres PDI-P. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengumumkannya di Istana Batu Tulis, Jumat (21/4/2023).(Istimewa/Dok. PDI-P)

Baca juga: PDIP: Ada Pihak yang Akan Cawe-Cawe di Pilkada Mendatang

Optika.id - Silaturahmi politik dan manuver untuk Pemilu 2024 memenuhi Lebaran tahun 2023 setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) resmi mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Pengumuman tersebut menginspirasi partai dan tokoh politik untuk mengadakan berbagai pertemuan serta mengumumkan kegiatan politik mereka. Satu pekan penuh diisi dengan rentetan manuver politik setelah PDI-P menjadikan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

  • PRABOWO KE SOLO

Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah pada tanggal 22 April 2023, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertandang ke kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah, untuk bersilaturahmi.

Keduanya bertemu selama sekitar satu jam dan Prabowo menyatakan bahwa tidak ada topik yang terlalu politis dalam pertemuan tersebut. Menurut Menteri Pertahanan itu, pembicaraan mereka lebih fokus pada laporan perkembangan terkini yang terkait dengan bidang pertahanan.

Prabowo juga menegaskan bahwa pembicaraan tidak terlalu politis karena pertemuan mereka berlangsung pada saat Hari Raya Idul Fitri. Berita ini dimuat di Kompas.com dengan judul "Prabowo Bertemu Jokowi di Hari Raya Idul Fitri, Tidak Ada Pembicaraan Terlalu Politis",

Baca juga: PDIP Tegaskan Tak Kekurangan Stok Pemimpin untuk Pilkada Jawa Tengah

  • Partai Hanura Mendukung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024 setelah PDI-P Resmi Menetapkan Ganjar sebagai Capres.

Setelah PDI-P secara resmi mengumumkan pencapresan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mengumumkan dukungan penuh untuk gubernur Jawa Tengah tersebut.

OSO, Ketua Umum Partai Hanura, mengatakan bahwa keputusan PDI-P adalah tepat dan seluruh cabang Hanura di Indonesia sepakat mendukung Ganjar Pranowo.

OSO menilai Ganjar sebagai sosok yang peduli pada daerah dan bahwa kemakmuran daerah akan membawa kemakmuran bagi Indonesia. Pernyataan ini dilontarkan di kediaman OSO di Setiabudi, Jakarta pada Sabtu (22/4/2023), satu hari setelah pengumuman PDI-P.

Baca juga: Ini Kata PDIP Soal Pelegalan Politik Uang di Pemilu

  • Sandiaga Uno melakukan serangkaian kunjungan silaturahmi politik

Pada hari yang sama saat merayakan Idul Fitri, Sandiaga Uno, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, mengunjungi kediaman Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto di Jakarta Selatan.

Sandiaga Uno juga menjelaskan bahwa para pimpinan Gerindra turut hadir dalam kunjungan tersebut. Selain itu, Sandiaga Uno juga melakukan silaturahmi ke kediaman Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dan Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setelah bersilaturahmi dengan Prabowo.

Kemudian, pada malam hari, Sandiaga Uno melanjutkan kunjungannya dengan melakukan silaturahmi ke kediaman Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Mardiono, namun kegiatan tersebut hanya dihadiri oleh Sandiaga Uno dan Mardiono.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru