Lapas Lamongan Kolaborasi dengan UMKM, Berdayakan Warga Binaan

Reporter : Danny

Optika.id - Lapas KelasIIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jatim berkolaborasi dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Lamongan guna melakukan pemberdayaan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Baca juga: Gelar Kegiatan Bazar Bertajuk "One Day’s One Prison Product", Lapas Lamongan Promosikan Karya WBP

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kepala UMKM Kabupaten Lamongan Reni Setiawati, Kalapas Lamongan didampingi oleh Kasi Binadik dan Giatja, Kasubsi Giatja.

Dalam kesempatan ini, Reni Setiawati mengapresiasi adanya kolaborasi yang terjalin antara pihak Lapas dengan UMKM. Dia berharap, kerjasama baik ini bisa terus terjalin secara berkelanjutan demi memaksimalkan program-programUMKM dan terbinanya warga binaan.

Kegiatan ini menjadi modal bagi WBP dalam melaksanakan program kemandirian di dalam Lapas dan menjadi bekal dalam melaksanakan kegiatan usaha ketika telah keluar dari Lapas Kelas IIB Lamongan, ujar Reni melalui rilis yang diterima Optika.id, Jumat (5/5/2023).

Baca juga: Lapas Lamongan Rawat Gembok Kamar Hunian, Guna Jaga Keamanan

Ketika meningkatkan UMKM berarti juga meningkatkan penghasilan dari masyarakat Lamongan, sehingga tidak hanya menghasilkan masyarakat mandiri tetapi juga meningkatkan pendapatan daerah Lamongan, imbuhnya sembari menyebutkan berbagai programp UMKM yang diinisiasi di Lamongan.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lamongan, Mahrus menyatakan rasa terimakasihnya kepada Ketua UMKM Lamongan yang telah berkunjung di Lapas Lamongan. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan pemaparan program UMKM yang disampaikan Ibu Reni. Hal ini sangat bermanfaat bagi pembinaan WBP, katanya.

Mahrus menegaskan, kolaborasi antara Lapas dan UMKM Lamongan ini merupakan pesan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Irjen. Pol Reynhard S.P. Silitonga untuk menyiapkan narapidana yang memiliki skill pasca masa pidananya habis.

Semoga kolaborasi ini mampu memberikan bekal bagi WBP untuk membuka usaha mandiri setelah bebas. Kami juga berharap, ke depannya dapat terus bekerjasama dan terus memberikan motivasi bagi WBP untuk terus berkarya,pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru