Anies Baswedan Berpotensi Bawa Indonesia Jadi Seperti Finlandia: Negara Maju, Aman, dan Harmonis

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Anies Baswedan dianggap memiliki potensi untuk mengubah Indonesia menjadi seperti Finlandia, sebuah negara yang terkenal makmur, damai, dan memiliki tingkat literasi tertinggi di dunia. Namun, itu hanya mungkin terjadi jika Anies terpilih menjadi Presiden untuk periode 2024-2029.

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

"Jika beliau menjadi presiden nanti, Indonesia bisa menjadi seperti Finlandia, yaitu negara besar yang makmur, aman, dan damai. Karena rakyatnya diajari tentang bagaimana mengembangkan ESQ (Emotional Spiritual Quotient)," jelas H. Muchtar, tokoh pendidikan dari Jawa Tengah, pada Jumat (9/6/2023).

Lebih lanjut, ia membayangkan Indonesia di masa depan jika Anies terpilih sebagai presiden juga mengingatkannya pada kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz, seorang pemimpin dalam Dinasti Umayyah yang memerintah dari tahun 717 hingga 720 Masehi.

Umar bin Abdul Aziz, yang dikenal sebagai "Khulafaur Rasyidin Kelima" setelah Abubakar, Umar, Usman, dan Ali, terbukti mensejahterakan rakyat dengan ilmu bukan dengan materi.

"Karena dengan ilmu, jujur, dan lain-lain, kita dapat mencapai kesejahteraan. Dalam waktu 2-3 tahun, beliau telah menghasilkan ilmuwan-ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu serta membangun infrastruktur yang maju dalam suasana damai, dan sebagainya," ungkap mantan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Jawa Tengah ini.

Dia mengungkapkan hal ini karena melihat berbagai kelebihan Anies Baswedan. Selain berasal dari keluarga pahlawan dan pendidik, Anies juga taat beragama dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

Tidak hanya itu, Anies Baswedan, yang telah meraih gelar master dan doktor dari Amerika Serikat, adalah seorang pemimpin yang mampu menggabungkan kapabilitas, akseptabilitas, dan kredibilitas secara simultan sehingga mampu menciptakan integritas yang tinggi. Ini membuatnya berhasil menghasilkan banyak inovasi.

"Yang sangat luar biasa adalah lndonesia Mengajar, sebuah ide dan gerakan nyata [Anies Baswedan], yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh pejabat-pejabat sebelumnya," ungkap penulis nasional yang terkait dengan buku-buku pendidikan agama Islam ini.

"Artinya, beliau paham dan sangat mendasari makna dan pesan moral dalam Pembukaan UUD 1945, setiap kalimat yang kemudian diwujudkan dalam kinerja lima tahun saat beliau menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta," tambahnya.

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

Terbukti, meskipun hanya menjabat selama satu periode, menurutnya, Anies telah berhasil meningkatkan tidak hanya nama DKI Jakarta tetapi juga citra Indonesia dalam persaingan global. Dia juga mencapai berbagai prestasi di dalam dan luar negeri, sehingga ada yang menyebutnya sebagai gubernur Indonesia.

"Jadi, melalui jejak digitalnya, sangatlah tepat jika beliau menjadi presiden pada tahun 2024. Dengan logika tersebut, semua guru dan rakyat Indonesia setidaknya membantu dengan doa agar beliau tidak mengalami kendala dan sukses menjadi Presiden RI pada tahun 2024. Aamiin," tutupnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru