Ingin Maju Depok 1, Prof Asrinaldi Apresiasi Strategi Politik Kaesang Pangarep

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Prof. Asrinaldi, seorang pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar), memberikan apresiasi terhadap strategi politik yang dilakukan oleh Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, yang berkeinginan maju dalam "Depok Pertama".

Baca juga: KPK Tanggapi Laporan Dosen UNJ ke Kaesang Soal Private Jet!

Prof. Asrinaldi menyatakan, "Dengan membuka komunikasi dengan banyak partai, sebenarnya Kaesang melakukan hal yang hebat." Pernyataan tersebut diungkapkan Prof. Asrinaldi di Padang, Sabtu (17/6/2023).

Apresiasi tersebut terkait dengan rencana Kaesang Pangarep yang menyatakan keinginannya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Depok. Dalam sebuah video, putra bungsu Presiden Jokowi tersebut menyampaikan bahwa ia telah mendapatkan restu dari keluarganya dan siap untuk menjadi "Depok Pertama", meskipun tidak menjelaskan secara rinci mengenai hal tersebut.

Terkait Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang secara aktif mendorong Kaesang untuk maju sebagai "Depok Pertama", Prof. Asrinaldi menilai hal tersebut sebagai salah satu strategi partai tersebut dalam rangka menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. "Dengan kepiawaian PSI dalam menyatakan bahwa anak muda ini harus diusung, meskipun Kaesang tidak menyatakan dirinya sebagai kader PSI," ujar Prof. Asrinaldi.

Baca juga: Beberapa Partai Batal Usung Kaesang, KIM Plus di Jateng Ambyar

Meskipun demikian, sebagai lulusan Universiti Kebangsaan Malaysia, ia menilai bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh PSI merupakan upaya untuk memposisikan Kaesang dalam tawaran dengan partai politik lainnya.

Di sisi lain, Prof. Asrinaldi menilai bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak perlu terlalu khawatir terkait strategi politik yang dilakukan oleh PSI yang terus mensosialisasikan Kaesang Pangarep untuk maju dalam "Depok Pertama".

Baca juga: Analis Sebut Gerindra-Golkar Tak Mungkin Usung Kaesang di Pilgub Jakarta

Dalam kesempatan terpisah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa ia sepenuhnya memberikan keputusan kepada putranya, Kaesang Pangarep, apakah ingin bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah Depok, Jawa Barat pada tahun 2024.

Ketika ditanya apakah Jokowi akan memberikan restu jika Kaesang maju dalam Pilkada Depok, Jokowi menjawab bahwa sebagai orang tua, tugasnya adalah memberikan restu dan doa. Namun, keputusan untuk maju atau tidak, Jokowi meminta agar langsung ditanyakan kepada Kaesang.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru