Gigin Praginanto Komentari Soal JIS yang Akan Direnovasi: Saya Khawatir ini Untuk Merusak Reputasi Anies

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Pengamat Kebijakan Publik, Gigin Praginanto, memberikan komentar mengenai renovasi Jakarta International Stadium (JIS) agar sesuai dengan standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menyampaikan hal tersebut. Dito mengatakan bahwa terdapat beberapa catatan terkait JIS yang membuat stadion yang dibangun pada masa kepemimpinan Anies Baswedan perlu diperbaiki.

"Memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar," ujar Dito di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, pada Rabu (28/6/2023).

Salah satu catatan tersebut adalah akses pintu masuk dan area parkir di JIS. Dito menyatakan bahwa JIS masih dipertimbangkan sebagai venue untuk Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada November 2023.

Dia menegaskan bahwa Presiden Jokowi ingin 22 stadion di Indonesia dapat digunakan kapan saja. "Yang pasti target kita adalah, sesuai arahan Bapak Presiden, 22 stadion di Indonesia harus dapat digunakan kapan saja," tambah Dito.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

Menanggapi hal tersebut, Gigin mempertanyakan apakah Dito mengetahui kriteria stadion yang memenuhi standar FIFA.

Dia mengkhawatirkan bahwa pernyataan Menpora yang baru dilantik baru-baru ini hanya bertujuan untuk merusak reputasi mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Dia tahu tidak apa itu standar FIFA? Saya khawatir ini hanyalah pernyataan politik untuk merusak reputasi Anies," ujar Gigin seperti yang dikutip dari akun Twitter @giginpraginanto pada Jumat (30/6/2023).

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, akan mengikuti arahan Presiden Jokowi terkait JIS dengan bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya, jika memang perlu direnovasi, maka akan dilakukan renovasi," ujar Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, pada Kamis (29/6/2023).

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru