Masih Fokus Pileg dan Pilpres, PDIP Belum Bahas Wacana Kaesang Maju Wali Kota Depok

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum membahas secara serius mengenai wacana keterlibatan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, sebagai calon Wali Kota Depok.

Baca juga: KPK Tanggapi Laporan Dosen UNJ ke Kaesang Soal Private Jet!

Meskipun Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah aktif mempromosikan Kaesang sebagai calon teratas untuk posisi tersebut, PDIP belum mengambil langkah lebih lanjut.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto, yang akrab disapa Bambang Pacul, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu (5/7/2023).

"Pada saat ini, belum ada pembicaraan mengenai hal itu," kata Pacul.

Pacul juga menyatakan bahwa belum ada pembahasan mengenai peluang Kaesang untuk bergabung dengan PDIP mengikuti jejak ayah dan kakak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka.

Sebagai Ketua Komisi III DPR RI, Pacul mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan karena PDIP belum membahas Pilkada secara detail. Saat ini, fokus PDIP masih tertuju pada persiapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan datang.

"Ibu Ketum PDIP telah memerintahkan kami untuk tidak membahas Pilkada. Selesaikan terlebih dahulu Pileg dan Pilpres," ujarnya.

Seorang warganet dengan akun @pettasewa1 menyatakan bahwa partai yang mendukung Kaesang Pangarep untuk maju dalam Pilwalkot Depok hanya memiliki satu kursi. "Pendukungnya insyaAllah dari partai yang memiliki satu kursi," tulis warganet tersebut.

Baca juga: Beberapa Partai Batal Usung Kaesang, KIM Plus di Jateng Ambyar

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal PSI, Sigit Wijatmoko, menegaskan bahwa PSI akan terus mendukung Kaesang meskipun saat ini mereka hanya memiliki satu kursi di DPRD Kota Depok.

"InsyaAllah, PSI akan terus mendukung Mas Kaesang. Saat ini, PSI memang baru memiliki satu kursi di DPRD Kota Depok," ujar Sigit seperti dikutip dari akun Twitter @sigitwid pada Selasa (27/6/2023).

Juru Bicara PSI ini kemudian memohon doa dan dukungan agar jumlah kursi PSI di DPRD Kota Depok dapat bertambah pada Pemilu 2024 mendatang.

"Mohon doa dan dukungannya agar kami bisa mendapatkan lebih banyak kursi di Pemilu 2024, yang akan menjadi dasar untuk mengusung calon Wali Kota pada Pilkada 2024," ujar Sigit.

Baca juga: Analis Sebut Gerindra-Golkar Tak Mungkin Usung Kaesang di Pilgub Jakarta

Seperti yang diketahui, PSI yang saat ini dipimpin oleh Giring Ganesha berencana mencalonkan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, dalam Pilwalkot Depok.

PSI bahkan telah meminta foto Kaesang secara langsung dari yang bersangkutan untuk keperluan spanduk dan kampanye.

Dalam hal pencalonannya, Kaesang Pangarep menyatakan kesiapannya untuk menjadi Wali Kota Depok. Pernyataan tersebut diunggah oleh Kaesang di kanal YouTube pribadinya pada Jumat (9/6/2023).

"Saya adalah Kaesang Pangarep, saya telah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. InsyaAllah, dengan ini saya siap untuk menjadi Wali Kota Depok. Saya mohon dukungannya. Merdeka," ujar Kaesang.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru