Ransomware: Ancaman Cyber yang Terus Mengintai

Reporter : Mudrikah Dewi

Optika.id - Era digital yang semakin maju ini tentu tidak hanya menimbulkan dampak positif saja. Ancaman cyber menjadi salah satu dampak negatif dan menjadi masalah serius yang dihadapi oleh individu, perusahaan, dan bahkan negara. Salah satu bentuk serangan cyber yang paling merusak dan mengancam saat ini adalah ransomware, Sabtu (8/7/2023).

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital

Ransomware merupakan jenis malware yang dirancang untuk mengenkripsi data atau mengunci akses ke sistem komputer korban. Para pelaku serangan kemudian meminta tebusan dalam bentuk pembayaran yang mana sering kali dalam bentuk mata uang kripto, agar korban bisa mendapatkan kembali akses ke data mereka.

Serangan ransomware dapat terjadi melalui berbagai vektor, antara lain seperti email phising, unduhan tidak aman, atau memanfaatkan kerentanan dalam sistem.

Serangan ransomware memiliki dampak yang menghancurkan bagi individu dan organisasi. Ketika data penting terenkripsi atau akses ke sistem diblokir, maka akan dapat mengganggu operasional perusahaan, menyebabkan kerugian finansial, dan mengganggu kehidupan sehari-hari individu.

Baca juga: Wisuda XXVII Stikosa-AWS Siap Hasilkan Lulusan Andal di Era Digital

Selain itu, jika korban memilih untuk membayar tebusan, maka yang terjadi adalah tidak ada jaminan bahwa data akan dikembalikan sepenuhnya atau bahwa serangan serupa tidak akan terjadi di masa depan.

Ransomware menjadi ancaman yang signifikan karena serangan ini sering kali terjadi tanpa sepengetahuan korban dan para pelaku sering kali menggunakan metode serangan yang canggih dan sulit dideteksi. Selain itu, pelaku serangan ransomware terus berinovasi dan mengembangkan varian baru dengan tingkat enkripsi yang lebih kuat, sehingga hal ini akan membuatnya sulit untuk mengembalikan data tanpa kunci dekripsi yang tepat.

Baca juga: Kebocoran Data Bank Indonesia Diduga Lebih Parah dari Sebelumnya

Dalam era digital terus berkembang secara teknologi ini, serangan ransomware menjadi ancaman yang nyata dan merugikan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang ransomware dan tindakan preventif yang tepat, tentu akan dapat melindungi diri kita sendiri dan menjaga data kita agar tetap aman dari serangan ini.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru