Golkar Sedang Digoyang, Bahlil Lahadalia Siap Diusung Jadi Caketum

Reporter : Seno

Optika.id - Tampaknya Partai Golkar sedang digoyang, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memberikan isyarat siap diusung menjadi calon ketua umum melalui mekanisme organisasi.

Baca juga: Menteri Investasi Isyaratkan Dirinya Siap Diusung Menjadi Calon Ketua Umum Golkar

Waketum Partai Golkar Erwin Aksa pun buka suara. Dia menegaskan saat ini partainya fokus memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

"Golkar konsentrasi, pikirkan pileg, KPI atau kesuksesan sebuah partai bisa menang itu dalam pileg. Kita konsen mendapatkan kursi berbagai dapil. Tidak ada konteks munaslub. Saya kira Bahlil mengerti soal organisasi," ujar Erwin seperti dikutip Optika.id dari akun Twitternya, Minggu (23/7/2023).

Erwin menjelaskan Munas Partai Golkar akan kembali digelar pada 2025. Erwin meminta Bahlil tidak terlalu dini bicara soal pergantian kursi ketum saat ini.

"Jadi konsen Golkar pileg, kalau Bahlil bicara pilpres tunggu momentumnya, yaitu 2025," tegasnya.

Saat disinggung soal hasil survei Golkar yang dinilai terus turun menurut versi Bahlil, Erwin mempertanyakan balik data-data tersebut.

"Bahlil pakai survei mana? Di survei persepsi Golkar nomor 3. Cara pikir Bahlil baca survei harus dipertanyakan," tuturnya.

Erwin menyarankan agar Bahlil saat ini untuk turun ke lapangan dan membantu Golkar mendapat tambahan kursi legislatif.

"Saran saya Bahlil sebagai kader Golkar turun ke lapangan bagaimana dapat tambahan kursi legislatif, bukan persoalan diri jadi calon ketum, itu nanti 2025," imbuhnya.

Sebelumnya, Bahlil mengaku sebagai kader Golkar dan pernah menjabat struktur DPD Golkar Papua memenuhi syarat jadi caketum Golkar. Bahlil menuturkan Golkar membutuhkan uluran tangan kader handal sebagai penyelamat.

"Semua kader Golkar punya tanggung jawab memberikan kontribusi untuk partai termasuk saya. Sebagai kader Golkar ketika melihat partainya dalam kondisi yang membutuhkan uluran tangan kader yang merasa bertanggung jawab saya yakin semua siap tapi melalui mekanisme yang jelas sesuai aturan main organisasi," ucap Bahlil di depan beberapa pimred media di kediaman, Jl Denpasar, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2023).

Tanggapan Golkar Jatim

Menanggapi manuver Bahlil, Ketua DPD Golkar Jawa Timur M Sarmuji menegaskan, belum ada pintu masuk untuk digelarnya Munaslub Golkar saat ini.

"Tak ada satu DPD-pun mengusulkan Munaslub, padahal syarat Munaslub adalah diusulkan oleh dua per tiga DPD Provinsi. Bagaimana orang mau jadi ketum, pintunya nggak kebuka," kata Sarmuji dalam keterangannya dilansir detik.com, Minggu (23/7/2023).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini juga meminta semua kader menghormati keputusan Munas Golkar 2019 dan mendukung penuh segala kebijakan yang diputuskan Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto.

Sarmuji menyatakan, pintu menjadi ketua umum baru terbuka pada 2024 mendatang ketika Munas 5 tahunan Golkar digelar.

"Pintu terbuka di 2024 akhir," tegasnya.

Namun, sebelum berpikir Munas Golkar 2024, Sarmuji meminta semua pihak yang merasa kader Golkar dan mencintai partai untuk bekerja elektoral demi Pemilu 2024.

"Saran saya bagi semua yang mau berkontribusi ke partai, duduk bersama mencari jalan keluar bagaimana Golkar bisa bangkit menang di pemilu 2024," katanya.

Sarmuji juga menjawab diplomatis ketika ditanya soal usulan Dewan Pakar Golkar Jatim Yusuf Husni yang menginginkan Luhut Binsar Panjaitan menggantikan posisi Airlangga Hartarto.

Baca juga: Siaga 98 Minta Jokowi Tak Pilih Kasih dalam Menegur Menterinya

"Sudah saya sampaikan bahwa pintunya terbuka di 2024 (Munas Golkar)," tambahnya.

Luhut sendiri dalam sebuah acara talk show di salah satu stasiun televisi nasional menyatakan siap menjadi Ketum Golkar.

Ketum KAUJE ini meminta semua kader Golkar fokus bekerja untuk kebesaran partai. Mengingat, Pemilu 2024 sudah di depan mata.

"Lebih baik kita fokus kerja membesarkan partai dari pada membesarkan isu yang nggak jelas ujungnya," tegasnya.

"Saat ini yang penting kerja, kerja, kerja untuk Pemilu 2024. Kalau ada persoalan dibicarakan dengan ngopi, ngopi, ngopi," lanjutnya.

Sarmuji juga menegaskan, seluruh kader harus fokus kerja elektoral dan turun ke masyarakat. Golkar tidak main-main menargetkan kemenangan di Pemilu 2024.

"Karena target Golkar 2024 bangkit dan menjadi pemenang," tandas pria yang masuk bursa Cagub Jatim 2024 ini.

Jadwal Munas Golkar Masih Jauh

Politikus Golkar, Maman Abdurrahman, turut bersuara, dia menegaskan jadwal Musyawarah Nasional (Munas) Golkar masih jauh.

"Belanda masih jauh karena jadwal Munas yang sesuai konstitusi itu tahun 2024 akhir," kata Ketua DPD I Golkar Provinsi Kalimantan Barat itu kepada wartawan, Minggu (23/7/2023).

Baca juga: Dukung Puan-Anies, Bambang Pacul: Bahlil Tak Pas Bicara Pilpres!

Maman pun membantah ada wacana untuk menggelar munas luar biasa (munaslub). Menurutnya, tidak ada urgensi untuk partainya menggelar munaslub. DPD I Partai Golkar se-Indonesia, lanjutnya, tengah solid mempersiapkan Pileg dan Pilpres 2024.

"Tidak ada alasan apa pun untuk munaslub. Kita di internal DPD I dan DPP lagi solid-solidnya untuk persiapan pileg dan pilpres. Sekarang ini kita lagi fokus untuk persiapan pileg dan pilpres yang tinggal 6 bulan lagi, di mana seluruh kader partai di seluruh Indonesia sedang fokus penggalangan suara untuk kontestasi pileg dan pilpres. Jadi sama sekali tidak ada wacana untuk menjalankan munaslub. Persiapan pileg dan pilpres on the track," tutur Ketua Komisi VII DPR itu.

Maman juga menanggapi pernyataan Bahlil yang menyebutkan elektabilitas Partai Golkar terus menurut di survei. Menurut dia, penurunan angka elektabilitas bukanlah hal yang baru, apalagi menjelang gelaran pileg. Namun Maman mengatakan hasil akhir selalu menunjukkan bahwa partainya mampu meraih belasan persen suara, di atas survei yang beredar.

"Apabila ada yang mengatakan survei partai menurun ya memang dari dulu setiap menjelang pileg survei partai selalu di angka 7-9 persen, tetapi hasilnya selalu belasan persen. Karena survei itu meneropong captive market partai atau basis ideologis partai. Belum menghitung faktor tambahan kekuatan usaha dari para calegnya. Makanya dalam setiap hasil pileg Partai Golkar itu selalu di atas dari hasil survey, ini yang saya sampaikan data loh," papar Maman.

Pertanyakan Kontribusi Bahlil

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Maluku Utara Alien Mus angkat bicara terkait pernyataan Bahlil Lahadalia yang prihatin dengan elektabilitas 'Partai Beringin'. Ia pun turut mempertanyakan peran Bahlil dalam kontribusinya sebagai kader untuk memperkuat jaringan Golkar.

"Setahu saya Pak Bahlil ini tidak pernah aktif sejak lama di Golkar. Kalaupun ada KTA, apakah masih berlaku?" kata Alien dikutip dari akun Twitternya, Minggu (23/7/2023).

Ia juga berharap Bahlil menunjukkan kontribusinya dulu dibandingkan berkoar di media massa.

"Pak Bahlil sebagai kader Partai Golkar, harapan saya, bisa ikut serta kontribusi terhadap kemenangan Partai Golkar di pesta demokrasi pileg maupun pilpres," pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru