NasDem dan PKS Setuju Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres Anies, Demokrat Ditawari Gabung ke Kubu PKB

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Umar Hasibuan, mengajukan proposal kepada Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief, untuk bergabung dengan PKB. Usulan ini muncul sebagai tanggapan terhadap Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sepakat dengan kemungkinan Susi Pudjiastuti menjadi calon wakil presiden untuk Anies Baswedan.

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Gimana kalau Demokrat gabung PKB saja bang Andi Arief ? ungkap Umar Hasibuan melalui akun Twitter @Umar_Hasibuan__ pada Rabu, (26/7/2023).

Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS, menyatakan bahwa PKS tidak keberatan jika Susi dipilih sebagai pendamping Anies. Dia juga menilai bahwa Anies dapat memiliki keuntungan lebih jika calon wakil presidennya adalah seorang perempuan. Selain itu, Mardani melihat peluang kemenangan dari kandidat Susi.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, juga tidak keberatan jika Susi menjadi calon wakil presiden untuk Anies. Menurut Ahmad Ali, Susi memiliki rekam jejak yang baik selama menjabat sebagai pejabat dan setelahnya. Namun, keputusan tentang calon wakil presiden dibiarkan pada Anies.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

Saat ini, PKB berada dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama dengan Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Di sisi lain, Wasekjen Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, dengan tegas menyatakan bahwa Partai Demokrat tetap solid dan konsisten dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Jansen melalui media sosialnya:

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

Kami Demokrat solid dan konsisten di Koalisi Perubahan. Sebagaimana sering disampaikan Ketum kami mas AHY 'kami tidak akan pernah menyerah utk membawa koalisi perubahan ini berlayar'. Jika pertemuan nanti terjadi jangan dimaknai soal pilpres saja walau musimnya sekarang itu. Dst," ujar Jansen.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru