Cak Imin Mengaku Pernah Peroleh Perintah dari Kiai untuk Jadi Pasangan Anies!

Reporter : Danny

Optika.id - Ada cerita menarik dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebelum resmi mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Pada 2021, ia mengaku sempat diminta salah satu kiai menjadi pasangan Anies.

Baca juga: Cak Imin Usul Sistem Pemilu Diganti: Pemilu 2024 Banyak Timbul Fitnah

Anies Baswedan-Cak Imin resmi mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden. Deklarasi ini digelar di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Dalam pidatonya, Cak Imin menceritakan, perintah untuk berpasangan dengan Anies Baswedan sudah diterimanya sejak tahun 2021. Hal ini saat dirinya dipanggil KH Kholil As'ad, anak dari KH Raden As'ad Syamsul Arifin, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Situbondo.

Saat itu, pendiri Pondok Pesantren Wali Songo di Situbondo memberikan pesan bahwa Cak Imin harus berpasangan dengan Anies Baswedan pada Pilpres.

"Tahun 2021 saya dipanggil saya dipanggil Al Mukarom Romo Kiai Kholil Asad di Situbondo, beliau hadir di sini, beliau adalah putra Kiai Asad Syamsul Arifin pendiri NU. Saya dipanggil," ungkap Cak Imin dalam pidatonya saat Deklarasi Anies-Cak Imin di Hotel Majapahit, Sabtu (2/9/2023).

"Muhaimin, menurut saya kamu harus pasangan sama Anies Baswedan," tambah Cak Imin menirukan ucapan Kiai Kholil Asad.

Baca juga: Cak Imin Respon Kunjungan Anies ke DPP PDIP: Semoga Lancar

Cak Imin mengaku, saat itu ia hanya membatin. Cak Imin tak berani menolak atau mengiyakan perintah ini.

"Tapi saya masukkan di dalam batin saya. Sambil jalan saya sambil berbunyi begini lo lo lo lo gak bahaya ta," kata Cak Imin disambut tawa hadirin.

Namun, Cak Imin merasa bersyukur setelah melalui perjalanan panjang, mengantarkannya hingga ke saat yang tepat, di mana bertemu dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh untuk berdiskusi soal pencapresan.

Baca juga: Resmi, Muktamar PKB Tentukan Cak Imin Kembali Jadi Ketum

Pertemuan pun berlanjut hingga ia dideklarasikan sebagai bakal cawapres mendampingi bakal capres Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Terjadilah peristiwa hari ini, peristiwa bersejarah, di tempat yang bersejarah, di Hotel Yamato atau Hotel Majapahit ini kit amendedikasikan perjuangan politik kita untuk bangsa yang merdeka, adil makmur dan sejahtera," pungkas Cak Imin.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru