Berikut Kepala Daerah di Jatim yang Nyaleg, Siapa Saja?

Reporter : Danny

Optika.id - Sejumlah kepala daerah di Jawa Timur maju sebagai caleg di Pemilu 2024. Hal itu terungkap dalam daftar calon sementara (DCS) yang dirilis KPU.

Sebanyak 6 kepala daerah di Jawa Timur maju sebagai caleg. Rinciannya 4 sebagai caleg DPR RI dan dua sebagai caleg DPRD Jatim.

Di level DPR RI, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf maju sebagai caleg DPR RI dari PKB. Irsyad yang masa jabatannya sebagai Bupati Pasuruan akan habis pada 24 September 2023 mendapat nomor urut 4 di Dapil Jatim II (Pasuruan-Probolinggo).

Kemudian Bupati Jombang Mundjidah Wahab maju sebagai caleg DPR RI lewat PPP nomor urut 1 di Dapil Jatim VII (Trenggalek, Pacitan, Ponorogi, Ngawi, Magetan). Masa jabatan Mundjidah sebagai Bupati Jombang habis pada 24 September 2023.

Selanjutnya, Wakil Bupati Bondowoso yakni Irwan Bachtiar Rachmat yang maju sebagai caleg DPR RI dari PDI Perjuangan (PDIP) di Dapil Jatim III (Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi) dengan nomor urut 4. Masa jabatan Irwan sebagai Wabup Bondowoso akan habis pada 24 September 2023.

Lalu Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso. Sejatinya Rahmat masih akan menjabat sebagai Wabup Blitar hingga Desember 2024, namun Rahmat memilih mundur dan maju sebagai caleg.

Rahmat menjadi caleg DPR RI dari PAN di Dapil Jatim IX (Tuban-Bojonegoro). Rahmat mendapat nomor urut 6.

Sementara untuk DPRD Jatim, ada dua kepala daerah yang maju sebagai caleg. Yakni Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko.

Abdullah Abu Bakar maju sebagai caleg DPRD Jatim lewat PAN di Dapil Jatim VIII (Kota Kediri, Kabupaten Kediri) dengan nomor urut 1.

Sedangkan Timbul Prihanjoko maju sebagai caleg DPRD Jatim lewat PDIP di Dapil Jatim III (Pasuruan, Probolinggo) dengan nomor urut 4.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru