Cak Imin Effect, Elektabilitas Anies Naik di Jatim dan Relawan Semakin Yakin!

Reporter : Danny

Optika.id - Kenaikan elektabilitas Anies Baswedan di Jawa Timur hanya seminggu setelah deklarasi sebagai capres-cawapres berpasangan dengan Muhaimin Iskandar berdasarkan temuan terbaru Politika Research and Consulting (PRC) yang dirilis kemarin tidak mengejutkan kalangan relawan.

Baca juga: Cak Imin Usul Sistem Pemilu Diganti: Pemilu 2024 Banyak Timbul Fitnah

Karena para relawan di Jawa Timur, termasuk Jawa Tengah yang sudah kuat selama ini menyambut gembira Anies-Muhaimin (AMIN) berduet sehinga mereka semakin bersemangat mengenalkan pasangan itu ke masyarakat.

Adanya tren kenaikan suara pasangan AMIN di Jawa Timur kemungkinan juga akan terjadi di Jawa Tengah ini memang terprediksi dari awal, jelas Koordinator Presidium Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir, Senin, (18/9/2023).

Dia menjelaskan pada awal-awal terjalinnya kesepakatan antara NasDem dan PKB untuk menduetkan Anies-Muhaimin dan dilanjut dengan deklarasi pada 2 September 2023, dipertanyakan mayoritas relawan, kecuali relawan Anies di Jatim dan Jateng. Relawan di dua provinsi ini justru menyambut baik bahkan bersyukur mantan Gubernur Jakarta itu tandem dengan Ketua Umum DPP PKB tersebut.

Apalagi setelah PKS menyatakan dukungan resmi pada Jumat, 15 September 2023 kemarin, relawan di dua provinsi yang menjadi basis NU tersebut semakin bergairah lagi. Meski memang, lanjut La Ode, kepastian dukungan PKS ini juga disambut antusias semua kalangan pendukung cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan itu.

Yang sebelumnya di luar Jatim dan Jateng masih mempertanyakan, sekarang sudah pada tahap solid atau seragam semua. Di kalangan relawan itu sudah ada semacam komitmen bahwa ini adalah kerja kolosal, kerja bersama kita. Karena kita sudah punya dua kepastian. Kepastian adanya perahu dan kepastian pasangan capres-cawapres, paparnya.

Baca juga: Cak Imin Respon Kunjungan Anies ke DPP PDIP: Semoga Lancar

Adanya dua kepastian tersebut membuat relawan, juga di Jatim dan Jateng, semakin gencar mengenalkan Anies-Muhaimin termasuk dengan membentuk jaringan sampai ke tingkat tempat pemungutan suara (TPS). Jadi boleh disimpulkan pemilihan Cak Imin sebagai pasangan Mas Anies ini adalah suatu hal yang positif, menghasilkan tren positif kenaikan elektabilitas Mas Anies, ucapnya.

Dia pun yakin seiring dengan solidnya tiga partai pengusung dan berkolaborasi dengan simpul relawan yang saat ini berjumlah sekitar 700, tingkat keterpilihan pasangan AMIN tersebut akan terus menaik, tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga Jawa Tengah dan provinsi lainnya. Yang akhirnya kemudian pasangan pasangan Mas Anies dan Gus Imin akan memenangkan pilpres, pungkasnya.

Dalam rilis survei PRC yang digelar melalui zoom, Minggu, 17 September 2023, terungkap elektabilitas Anies naik menjadi 18,3 persen dari 14 persen hasil survei di bulan April 2023.

Baca juga: Resmi, Muktamar PKB Tentukan Cak Imin Kembali Jadi Ketum

Survei PRC menemukan elektabilitas Anies naik menjadi 18,3 persen dari hasil survei di bulan April sebesar 14 persen. Hasil sigi bertajuk Peta Politik Jawa Timur Pasca-Deklarasi Pasangan AMIN ini juga menunjukkan dukungan dari warga NU kepada Muhaimin Iskandar berpasangan dengan Anies Baswedan mencapai 54,7 persen.

Survei yang digelar pada 7-12 September 2023 dengan metode wawancara lewat tatap muka (face to face) ini melibatkan 1.200 responden, yang tersebar secara proposional di 38 Kabupaten-kota se-Jawa Timur. Sementara margin of error survei ini sebesar 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru