Kaesang Jilat Ludah Sendiri, Ubedilah Badrun: Mirip dengan Ayah

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Menurut analis sosial politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, pepatah "menjilat ludahnya sendiri" sepertinya cocok untuk menggambarkan perilaku Kaesang Pangarep. Ubedilah menganggap bahwa Kaesang, istri Erina Gudono, menunjukkan perilaku yang mirip dengan ayahnya, Joko Widodo, terutama dalam hal ketidak-konsistensian dalam pernyataannya. Dua tahun lalu, Kaesang secara tegas menyatakan bahwa ia tidak ingin terlibat dalam dunia politik. Namun sekarang, ia terlihat seperti merubah pendiriannya.

Ubedilah mengatakan, "Perilaku ini mirip dengan perilaku ayahnya yang sering terlihat tidak konsisten, dan ternyata diakuinya saat pidato setelah dipilih jadi Ketua Umum PSI bahwa dia akhirnya masuk dunia politik karena terinspirasi oleh ayahnya." Dikutip pada Kamis (28/9).

Baca juga: KPK Tanggapi Laporan Dosen UNJ ke Kaesang Soal Private Jet!

Selain itu, Ubedilah juga melihat bahwa PSI telah melanggar klaim dirinya sebagai partai kader. Menurutnya, Kaesang menjadi Ketua Umum PSI dengan sangat cepat tanpa mengikuti proses kaderisasi yang seharusnya. Ia menjelaskan bahwa AD/ART PSI menyebutkan syarat menjadi pengurus di Dewan Pimpinan Pusat adalah menjadi kader paripurna, yang seharusnya berarti telah mengikuti pelatihan kader tingkat nasional. Namun, Ubedilah menyoroti bahwa Kaesang belum pernah mengikuti pelatihan kader tingkat nasional.

Baca juga: Analis Sebut Gerindra-Golkar Tak Mungkin Usung Kaesang di Pilgub Jakarta

Terakhir, Ubedilah mengkritik bahwa PSI bukanlah partai yang modern dan terlalu bergantung pada Joko Widodo. Ia menyatakan, "Ketergantungan pada Jokowi itu kini makin terbukti, selain terlihat dari narasi tegak lurus ke Jokowi, juga sampai mengangkat darah daging Jokowi sebagai ketua umumnya."

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru