Respon Muhammadiyah Soal Isu Santer Khofifah Jadi Rebutan Cawapres, Seperti Apa ya?

Reporter : Danny

Optika.id - Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur (Jatim), Sukadiono menegaskan Gubernur Khofifah Indar Parawansa masih dibutuhkan di Jatim. Meski demikian, Sukadiono menyebut Ketua Muslimat NU tersebut sangat layak masuk bursa cawapres.

"Karena secara kelayakan sangat layak untuk wapres. Meski sesungguhnya Jatim juga masih sangat membutuhkan sosok Bu Khofifah," kata Sukadiono dalam sambutannya di acara tasyakuran peringatan HUT ke-78 Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (12/10/2023).

Baca juga: UMKM Jadi Andalan Program Prioritas Khofifah-Emil untuk Periode 2024-2029

"Tetapi jika ditakdirkan terpilih sebagai wapres, maka harus direlakan demi kepentingan yang lebih luas," imbuhnya.

Sukadiono sendiri tak secara terang-terangan menyampaikan akan mendukung Khofifah secara politik. Namun, pihaknya memberi sinyal positif bahwa hubungan Muhammadiyah di Jatim dengan pemprov dan Khofifah terjalin sangat baik selama ini.

Baca juga: Aven Januar: Terbukti, Program Pengentasan Kemiskinan Khofifah Berjalan Efektif

"Sinergitas yang dibangun Muhammadiyah dengan Gubernur Khofifah berjalan dengan sangat baik. Hal ini yang menurut kami sangat dibutuhkan bagi Jatim maupun Indonesia untuk terus bangkit dan maju," tutur pria yang juga menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut.

Sukadiono lalu memuji kinerja duet Gubenur Khofifah dan wakilnya, Emil Dardak. Ia menilai selama 5 tahun memimpin Jatim, keduanya telah menunjukkan kinerja yang baik dan sukses.

Baca juga: Haedar Nashir Hadiri Milad Seabad RS PKU Muhammadiyah Surabaya

"Khususnya dalam penanganan pandemi COVID-19, Jatim kini telah berhasil bangkit di berbagai sektor. Karena itu, Bu Khofifah dan Pak Emil akan masih sangat dibutuhkan bagi Jatim ke depan," tandas Sukadiono.

Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sendiri santer dikabarkan selama ini jadi rebutan dua capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Khofifah dibidik untuk menjadi cawapres demi menggalang basis massa Nahdliyin.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru