Dua Pesawat Hercules Standby di Halim Perdanakusuma Angkut Bantuan untuk Palestina

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Pemerintah Indonesia berencana mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina pada Sabtu pagi (4/11/2023). Bantuan ini akan diterbangkan dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dua pesawat milik TNI Angkatan Udara, yaitu Hercules C-130 dengan tail number 1327 Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma, dan tail number 1328 Skadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh, sudah siap membawa logistik ke Palestina melalui Mesir.

Baca juga: Israel Berencana Balas Serangan Iran dalam Skala Besar

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, mengungkapkan bahwa bantuan kemanusiaan ini mencapai 30 ton dan akan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selain Jokowi, hadir juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta beberapa pejabat lainnya.

Baca juga: Indonesia Walk Out Saat Netanyahu Berpidato, Ini Kata Retno Marsudi

"Bantuan kemanusiaan ini akan mendarat di Bandara El Arish Mesir. Setelah itu akan masuk melalui jalur darat menggunakan truk besar hingga mencapai Gaza, Palestina," ujar Lalu.

Lebih lanjut, Lalu memastikan bahwa pengiriman ke Gaza melalui jalur darat ini akan disalurkan melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Baca juga: Khofifah: Mari Perguruan Tinggi Berikan Beasiswa untuk Anak Palestina

"Keduanya merupakan badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza," tambah Lalu.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru