Ngeri, Kondisi RS Indonesia di Gaza Rusak Parah, Begini Penjelasannya

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Rumah Sakit Indonesia di Gaza, salah satu fasilitas kesehatan terbesar di Gaza utara, mengalami kerusakan yang sangat parah akibat serangan Israel. Pasukan Israel mengepung RS Indonesia selama beberapa hari sebelum akhirnya berhasil merangsek masuk ke dalamnya pekan lalu.

"Dengan terkejut dan ketakutan kami melihat kondisi yang ditinggalkan oleh pasukan Israel di Rumah Sakit Indonesia," ungkap Munir al-Bursh, Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan di Gaza, pada Sabtu (25/11/2023).

Baca juga: Buldoser Israel Lindas Tenda Pengungsi di Gaza, Sejumlah Orang Terkubur Hidup-hidup

Menurut al-Bursh, RS Indonesia telah menjadi target bombardir pasukan Israel, dan sekitar 200 orang terluka serta staf medis masih berada di dalamnya.

Baca juga: Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Hancur Digempur Israel

Saat ini, RS Indonesia dalam kondisi hancur dan mengalami kekurangan pasokan medis yang serius. "Koridor-koridor telah berubah menjadi tempat tidur pasien, dan prosedur bedah dilakukan di area yang sama," jelas Osama Bin Javaid dari Al Jazeera.

Di sekitar gedung, bau mayat tercium. Banyak dari jenazah yang hangus dan membusuk, belum dikubur, dan menumpuk di sudut-sudut.

Baca juga: Hamas Bersedia Perpanjang Gencatan Senjata Lagi Selama 4 Hari

"Tidak ada upaya penguburan selama beberapa hari karena penembak jitu Israel mengincar siapa pun yang keluar untuk mengubur jenazah," ungkap Javaid.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru