Tanya Jawab dengan Ganjar, Anies Tanyakan Soal Tragedi Kanjuruhan

Reporter : Danny

Optika.id - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berdebat seru dengan capres nomor urut 2 Ganjar Pranowo. Mereka membahas soal dua peristiwa yang merenggut korban jiwa: peristiwa KM 50 dan tragedi Kanjuruhanmenjadi pembahasan.

"Ada dua peristiwa yang menarik perhatian dan perlu kita bahas di sini. Peristwa Kanjuruhan dan peristiwa KM50. Di situ proses hukum sudah dijalankan. Tetapi, rasa keadilan masih belum muncul," kata Anies di arena Debat Pilpres 2024, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Menurut Anies, dua peristiwa berdarah itu masih memuat banyak pertanyaan. Keluarga-keluarga korban masih mempertanyakan kejelasan peristiwanya. Anies ingin kasus itu dituntaskan dengan seadil-adilnya.

"Saya ingin tanya posisi Pak Ganjar di dalam dua peristiwa ini," kata Anies.

Ganjar menjawab, peristiwa KM50 dan tragedi Kanjuruhan menjadi pembicaraan masyarakat. Ganjar opitimis bisa menghadirkan keputusan yang adil untuk dua kasus itu.

"Jadi dalam pemerintahan ini mesti berani untuk tidak lagi menunda persoalan-persoalan masa lalu sehingga berlarut-larut. Sehingga ketika muncul terus-menerus akan menjadi sensi (sensitif), sensi terus karena tidak ada keputusan," kata Ganjar.

Ganjar bicara soal Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR). Sebagai catatan UU KKR sudah dinyatakan Mahkamah Konstitusi (MK) bertentangan dengan UUD 1945.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

"Mari kita ciptakan kembali UU KKR. Mari kita hadirkan UU KKR agar seluruh persoalan-persoalan pelanggaran HAM ini bisa kita berskan dengan cara-cara itu sehingga bangsa ini maju dan tidak lagi berpikir mundur karena persoalan-persoalan yang tidak pernah dituntaskan. Kita harus tuntaskan," kata Ganjar.

"Jawabannya (Ganjar) kurang komprehensif karena masalahnya lebih kompleks dari itu, Pak Ganjar," kata Anies menanggapi.

Menurut Anies, jawaban Ganjar kurang menyeluruh. Anies melihat persoalan ini perlu diselesaikan minimal lewat empat hal yakni pertama, memastikan proses hukum menghasilkan keadilan; kedua, ungkap seluruh fakta; ketiga korban harus mendapat kompensasi; keempat, negara harus menjamin peristiwa serupa tidak terulang lagi.

Sebelum empat hal itu bisa dilakukan, maka perlu satu langkah yang dijalankan.

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

"Berarti yang pertama mungkin kita harus melakukan investigasi ulang, melakukan review," kata Anies. "Saya ingin tahu apakak Pak Ganjar sependapat dengan pandangan saya?"

Ganjar menilai soal komprehensif atau tidaknya jawaban dia, itu adalah urusan selera subjektif. Namun demikian, Ganjar merasi penjelasan Anies udah tercakup dalam jawabannya.

"Saya orang yang tidak pernah abu-abu. (Saya) Hitam-putih, sat-set. Kami tidak pernah ragu-ragu, tidak pernah abu-abu. Kami bukan orang yang menunda pekerjaan, menggantun gpekerjaan untuk kemudian menjadi komoditas. Saya selesaikan itu," kata Ganjar.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru