Balas Gibran Soal Catatan, Cak Imin: Anda Mengulang Apa yang Saya Sampaikan

Reporter : Danny

Optika.id - Cawapres Gibran Rakabuming Raka menyoroti cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang membaca catatan saat menjawab pertanyaan panelis tentang langkah mengatasi permasalahan pangan akibat perubahan iklim. Cak Imin kemudian menyentil balik Gibran.

"Enak banget ya, Gus, ya, jawabnya sambil baca catatan tadi. Kuncinya di sini adalah eksistensifikasi dan intensifikasi lahan," kata Gibran saat menanggapi jawaban Cak Imin dalam debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

Baca juga: Merapat ke Gerindra, PKB Dukung RK di Pilgub DKI Jakarta!

Menurut Gibran salah satu upaya dalam mengatasi masalah pangan adalah membangun pabrik pupuk. Hal itu, kata dia, telah dilakukan di Fakfak, Papua Barat.

"Kemarin tahun lalu kita sudah bangun pabrik pupuk di Fakfak, kuncinya untuk meningkatkan produktivitas ya kita harus genjot kawasan industri pupuk. Kita dekatkan pupuknya dengan lahan-lahan pertaniannya, kuncinya pupuk, dan pupuk harus didekatkan dengan lahan-lahan pertanian, otomatis produktivitas akan meningkat," kata Gibran.

Selain itu, Gibran juga menekankan tentang peningkatan produktivitas petani. Serta, kata dia, melibatkan generasi muda dalam sektor pertanian dengan konsep smart farming.

"Dan jangan lupa, mekanisasi, kita pengin meningkatkan produktivitas petani, pakai RMU, combine harvester dan juga kita melibatkan generasi muda melalui smart farming, pakai IOTuntuk melihat PH tanah, keasaman tanah, kesuburan tanah dan juga penggunaan drone untuk penyemprotan pestisida," imbuhnya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin ke Gibran: Kerja dengan Baik, Tantangan Tak Mudah!

Cak Imin kemudian memberikan tanggapan atas pernyataan Gibran. Cak Imin menilai apa yang dikatakan Gibran hanya mengulangi apa yang telah dia jelaskan.

"Terima kasih, Pak Gibran, yang Anda sampaikan mengulang apa yang saya sampaikan. Saya ingin memperdalam lagi bahwa petani kita potensinya besar sekali. Jumlah petani kita masih sangat besar, potensi tanah kita subur masih banyak lagi," tutur Cak Imin.

Cak Imin mengatakan bahwa kebutuhan pangan RI juga memiliki pasar yang luar biasa. Cak Imin menilai pemerintah harus turun tangan dalam permasalahan ini.

Baca juga: Gibran Garis Keras (GGK) Dukung Fandi Utomo Bersaing di Pilbup Sidoarjo

"Di sisi yang lain kita juga memiliki apa yang disebut kebutuhan pangan kita juga pasar yang luar biasa. Nah dalam konteks ini antara supplykita punya potensi, antara permintaan kita juga punya sangat kuat," kata Cak Imin

"Oleh karena itu pemerintah tidak boleh, turun tangan jangan terlalu normatif menghadapi keadaan," tutur dia.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru