Kenalan Sama Bare Minimum Relationship, Ketika Harapan Bisa Memperkuat Suatu Hubungan

Reporter : Uswatun Hasanah

Jakarta (optika.id) - Ketika menjalin sebuah hubungan, tentunya akan ada harapan yang berbeda-beda dari pasangan. Lazimnya hal tersebut menekankan pada tindakan bagaimana cara memperlakukan pasangan dalam sebuah hubungan. Maka dari itu, tak ayal muncul istilah bare minimum relationship.

Dikutip dari laman Marriage, Kamis (25/1/2024) bare minimum adalah syarat atau standar minimal yang dilakukan seseorang dalam sebuah hubungan. Adapun bare minimum ini mengacu pada segala sesuatu yang paling sederhana yang bisa dilakukan terhadap pasangan.

Baca juga: Sex Positivity Dibutuhkan Untuk Jaga Keharmonisan dengan Pasangan dan Kesehatan Reproduksi

Menetapkan standar hubungan yang minimal lebih baik daripada tidak memiliki apa pun sama sekali. Mungkin ada saatnya dalam hidup ketika Anda menyadari pentingnya memiliki nilai minimum dalam suatu hubungan, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk mewujudkannya. tulis Marriage.

Beberapa bare minimum dalam suatu hubungan menurut Marriage di antaranya yakni menghormati privasi masing-masing, mendengarkan, berbicara dan tidak banyak bermain ponsel jika sedang bersama pasangan, memberi pujian tanpa diminta, selalu mendukung dan tidak membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain, selalu meluangkan waktu bersama, dan meminta maaf jika berbuat salah.

Sementara itu, situs Beauty Hub memiliki definisi tersendiri perihal bare minimum ini. Dilansir dari situs tersebut, yang termasuk bare minimum dalam hubungan yang bisa dilakukan adalah bersikap terbuka tentang aktivitas masing-masing, mengingat tanggal-tanggal penting dan special, memberikan kasih sayang dan perhatian, serta menghormati batasan selama konflik.

Kebaikan, rasa hormat, dan mendengarkan adalah kunci untuk membuat orang lain merasa nyaman, termasuk diri Anda sendiri, tulis Beauty Hub, dikutip Optika.id, Kamis (25/1/2024).

Sedangkan dari situs berbeda, Wall Flower Journal, menyebut bahwa bare minimum yang diharapkan pria dari pasangan perempuannya dalam suatu hubungan adalah kesetiaan, memuji, mendengarkan, mengatur pertemuan, mandiri, peka, meminta maaf, mendukung, melupakan mantan dan memprioritaskan pasangannya.

Buat dia merasa disukai, dipilih, dan dipikirkan. Berada dalam suatu hubungan berarti kita harus mempertimbangkan kebutuhan, keinginan, dan kesejahteraannya, serta memprioritaskan waktu berkualitas bersamanya, tulis Wall Flower Journal.

Kendati demikian, bagi individu satu dan lainnya tentu berbeda mengenai bare minimum ini tergantung pengalamannya. Sementara itu, menurut psikolog Jehan Safitri, bare minimum dalam hubungan adalah hal-hal tentang elemen-elemen fundamental yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan, kepuasan, dan keharmonisan dengan pasangan.

Ini meliputi komunikasi yang efektif, saling menghargai, kepercayaan yang kokoh, dukungan emosional yang terjalin, dan perasaan aman, kata Jehan, kepada Optika.id, Kamis (25/1/2024).

Tak hanya itu, dirinya juga menekankan pentingnya memiliki pemahaman yang jelas mengenai ekspektasi minimum pasangan. Sebab, hal tersebut bisa membantu mereka membangun fondasi yang kuat untuk sebuah hubungan.

Mereka dapat saling mendukung, memahami batasan satu sama lain, dan menghindari konflik yang tidak perlu, ujar Jehan.

Untuk bisa memenuhi bare minimum dalam hubungan, Jehan mengingatkan kepada pasangan agar selalu berinvestasi dalam komunikasi yang baik. termasuk di antaranya mendengarkan dengan penuh perhatian, mengekspresikan kebutuhan dan keinginan dengan jelas, serta berupaya untuk memahami perspektif pasangan.

Jika salah satu pasangan merasa ekspektasi minimum tidak terpenuhi, penting untuk menghadapinya dengan pendekatan yang empati dan terbuka. Komunikasi yang baik dapat membantu mengidentifikasi masalah, menemukan solusi bersama, dan menegaskan kembali komitmen untuk memenuhi kebutuhan masing-masing," pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru