Pengamat Nilai Kaesang Bukan Tandingan yang Cocok dengan Anies!

Reporter : Danny

Jakarta (optika.id) - Analis politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, berpendapat Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bukan tandingan Anies Baswedan jika keduanya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Menurutnya, hingga saat ini elektabiltas Kaesang sebagai calon gubernur Jakarta, belum terlihat.

Baca juga: Jika Kotak Kosong Menang, Ada 3 Skenario yang Diambil

Bila Anies Baswedan maju Pilgub Jakarta, Kaesang tentu bukan lawan tandingannya. Sebab, Kaesang hingga saat ini belum terlihat elektabilitasnya, ujar Jamiluddin, Sabtu (1/6/2024), dikutip dari Tribunnews.com.

Namun, lanjut dia, kalkulasi itu tidak berlaku jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ikut cawe-cawe di Pilkada Jakarta 2024.

"Kaesang itu hanya Ketua Umum PSI yang tidak punya kekuatan politis yang signifikan di Jakarta, ucapnya.

Baca juga: Paslon Pilkada Jatim Risma-Gus Hans Kunjungi Makam Sunan Ampel Surabaya

Jadi, kalau ayahandanya tidak cawe-cawe, Kaesang jangankan menang di Pilgub Jakarta, untuk mencari pasangan maju saja akan sulit, tuturnya.

Ia berpendapat kemungkinan Jokowi tidak cawe-cawe sangat kecill, dan itu menjadi ancaman bagi bakal calon gubernur Jakarta lainnya.

Baca juga: Dinamika Pilkada Trenggalek, Pertahana Ipin-Syah Fix Lawan Kotak Kosong

Kemungkinan Jokowi tidak cawe-cawe tampaknya sangat kecil. Karena itu, Kaesang akan menjadi ancaman, bukan saja kepada Anies, tapi juga cagub lainnya dari jalur independen, tambahnya.

Ia memprediksi bakal ada dua poros utama dalam Pilkada Jakarta 2024, yakni poros Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, dan PSI.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru