Projo Respon Isu Kaesang Akan Maju Pilkada: Biarkan Memutuskan Sendiri!

Reporter : Danny

Jakarta (optika.id) - Bendahara Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Panel Barus menyebut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak akan cawe-cawe soal putranya, Kaesang Pangarep, mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Panel mengaku sempat membicarakan soal majunya Kaesang di pilkada dengan Jokowi. Dia mengatakan Jokowi mengaku enggan mengintervensi atau cawe-cawe.

Baca juga: Pengamat Nilai Kaesang Bukan Tandingan yang Cocok dengan Anies!

Kalau Pak Jokowi untuk urusan itu sikap dia jelas, ini anak sudah besar, sudah punya bini, sudah punya keluarga, biar mikir sendiri, putuskan sendiri," ujar Panel di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (31/5/2024), dikutip Tribunnews.com.

Ia kemudian mengatakan hasil diskusinya dengan Jokowi memang seperti itu.

"Teman-teman (awak media) saya ngomong begitu percaya apa tidak? Nanti tidak percaya juga, percuma juga. Memang begitu diskusinya, tandasnya.

Sebelumnya, Jokowi menanggapi putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah ketentuan penghitungan usia minimal calon kepala daerah.

Pada Rabu (29/5/2024), MA mengabulkan permohonan uji materiil Partai Garda Republik Indonesia (Partai Garuda) terkait penghitungan batas minimal usia calon kepala daerah.

Dalam putusannya, MA mengubah ketentuan penghitungan batas usia 30 tahun untuk calon gubernur dan wakil gubernur dari terhitung sejak penetapan pasangan calon, menjadi setelah yang bersangkutan dilantik.

Jokowi meminta hal tersebut ditanyakan kepada pihak MA maupun penggugat yaitu Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana.

Baca juga: Khofifah-Emil Peroleh Kekuatan Tambahan untuk Maju Pilgub Jatim

"Itu tanyakan ke Mahkamah Agung, atau tanyakan ke yang gugat," kata Jokowi usai meninjau Pasar Bukit Sulap, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga mengaku belum membaca putusan MA tersebut.

"Belum, belum, belum," katanya singkat.

Kabar majunya Kaesang dalam Pilkada Jakarta 2024 muncul setelah Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto putra Presiden Jokowi itu bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Budi Djiwandono.

Baca juga: Harap-Harap Cemas, PSI Yakin Tembus Senayan

Foto tersebut diunggah lewat akun Instagram pribadinya, @sufmi_dasco, pada Rabu (29/5/2024).

Tampak Budi dan Kaesang berdampingan dengan tulisan berbunyi "For Jakarta 2024" di atas kepala mereka dan latar belakang tugu Monas. Terdapat juga lambang Provinsi DKI Jakarta di pojok kanan atas.

Ada juga tulisan "Calon Gubernur DKI Jakarta" di bawah nama Budi dan "Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta" di bawah nama Kaesang. 

"Budisatrio Djiwandono-Kaesang Pangarep For Jakarta 2024," tulis Sufmi dalam keterangan fotonya, dikutip dari Instagram @sufmi_dasco.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru