Sekelompok Remaja Mencoba Membingkai Surga

Reporter : Danny

Surabaya (optika.id) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap berbagai peristiwa kekerasan terhadap anak, sekelompok pelajar dari beberapa SMA dan SMK di Surabaya dan Sidoarjo yang tergabung dalam kelompok belajar SINAUSINEMA mengadakan Gala Premier Film SURGA DALAM BINGKAI KAYU dan Diskusi Tentang Perlindungan Anak di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur. Selain mengundang beberapa pejabat di wilayah Jawa Timur, para pendukung acara, para filmmaker, para seniman dan para pendidik, acara ini juga dihadiri orang tua masing-masing crewdan talent sebagai bentuk penghormatan dan ucapan terima kasih.

Waktu liburan sekolah bulan Juni kemarin terasa begitu mengasyikan bagi 32 pelajar yang terdiri dari SMKN 12 Surabaya, SMKN 1 Surabaya, SMAN 15 Surabaya, dan SMK ANTARKIKA 2 Sidoarjo yang tergabung dalam SINAUSINEMA saat mereka mulai memproduksi film Surga Dalam Bingkai Kayu (SDBK). Mereka membagi kelompok kerja sesuai minat dan passion masing-masing, bahkan berinisiatif dan bersedia patungan untuk membiayai produksi film mereka yang kemudian dananya mereka Kelola sendiri. Yang menjadi tantangan menarik bagi mereka adalah, dalam pengambilan gambar dan perekaman audio semua menggunakan Smartphone, mereka menyebutnya CINEMAXPHONE.

Baca juga: Kerap Merasa Lelah dan Tak Produktif, Hindari Fenomena 'Remaja Jompo' dengan Beberapa Cara

Dalam proses produksi film ini mereka dibimbing empat orang mentor. Syarif Wajabae membimbing segala urusan manajerial, mulai dari pemilihan dan ijin lokasi, casting dan keaktoran, hingga semua hal yang dibutuhkan saat syuting film. Herman Cahyadi membimbing segala urusan mengenai tata artistik, tata cahaya, dan hal-hal yang bersifat teknis. Pada wilayah penulisan cerita, penyutradaraan, sinematografi dan editing dibimbing oleh Heirosay. Sedangkan segala urusan tata audio dan musik dibimbing langsung oleh Yasin Alraviri yang mempunyai segudang pengalaman di bidang audio.

Film yang memakai latar lokasi di kecamatan Bulak Kota Surabaya dan Dapoer Oemoem Studio Aminoto Rungkut ini, didukung dan dibantu oleh banyak pihak, mulai dari peminjaman tempat untuk basecamp, perijinan Lokasi, bantuan konsumsi dan transportasi, perangkat soundsystem, hingga tempat penayangan film.

"Konsep gotong royong, kolaborasi dan saling berbagi yang dibangun ini semoga tetap harmonis dan terus menjadi stimulus positif bagi generasi muda, sehingga belajar dan berkarya terasa begitu bahagia. ujar Heirosay, inisiator Sinau Sinema yang kini prosesnya memasuki tahun ke lima.

Baca juga: Game Kekerasan Bisa Pengaruhi Pembentukan Karakter Remaja, Apa yang Perlu Dilakukan?

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepadaSemua pihak yang telah membantu produksi film kami, khususnya Orang Tua dari Kawan-kawan pelajar SMA dan SMK yang tergabung dalam Sinau Sinema Kata Syarif Wajabae selaku Produser.

"Terimakasih kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dibawah kepemimpinan Ibu Evy Afianasari, Kampus Stikosa AWS, Dewan Kesenian Jawa Timur, Anggota DPR Kota Surabaya Bapak Abdul Ghoni Mukhlas Niam, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Jawa Timur, Jaya Kerta Wahana, Galeri Merah Putih, Pemkot Surabaya melalui UPT THP Kenjeran, Paramarta Enterprise, Ikatan Alumni Stikosa AWS, Rumah Kemaslahatan Indonesia, Weza Group, Budi Karya Sejahtera, pilar.id, Gresik Movie, Festival Kampung Cempluk Malang, Kopili Sidoarjo, Mamak Yoya, A Production, Sanggar Lukis Kita, Dewan Pemuda Sidoarjo dan juga pihak yang telah membantu tanpa ingin disebutkan nama-namanya. ungkap dia.

Sementara itu Herman Cahyadi sebegai mentor untuk semua hal teknis yang berkaitan dengan peralatan mengatakan, film ini adalah film yang melibatkan begitu banyak pihak. kami terbiasa berangkat dari yang ada. Banyak peralatan pendukung syuting kami buat sendiri. Kolaborasi non finansial kami kedepankan agar Teman-teman pelajar terbiasa berinisiatif, dan menemukan solusi melalui diskusi-diskusi kritis dan cepat tanggap. tutur Herman.

Baca juga: Remaja yang Terjaring Operasi Sabtu Malam Lalu Dikirim ke Liponsos

Yasin Alraviri selaku mentor di bidang audio dan musik menyampaikan, para pelajar yang tergabung dalam sinau sinema ini, semuanya berbakat. Mereka cukup tangkas dan peka merespon, khususnya audio. Ada beberapa aplikasi android yang mereka gunakan untuk menjahit audio dalam film ini. Saya respect dengan mereka, dan semoga semangat ini baranya terus terjaga," kata Yasin.

Usai penayangan film SDBK itu, dilanjutkan dengan diskusi tentang perlindungan anak, dengan menghadirkan empat pembicara yakni, Linda Hartati S.Psi Anggota Dewan Pendidikan Kota Surabaya, Fitroh Chumairoh dari Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia Jawa Timur, Afrian ArisandyKomite Film Dewan Kesenian Sidoarjo, dan Abdul Ghoni Mukhlas Niam Anggota DPRD Kota Surabaya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru