Optika.id - Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) didirikan berdasarkan Keputusan Presiden No.181 Tahun 1998 dan diperbaharui dengan Peraturan Presiden No.65 Tahun 2005 memiliki tujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan penegakan hak-hak asasi perempuan.
Dikutip dari Instagram @komnasperempuan pada Senin (18/11/2024), saat ini Komnas Perempuan sedang membuka lowongan kerja 11 posisi. Batas waktu pengiriman lamaran sampai dengan tanggal 21 November 2024. Detail selengkapnya simak di bawah ini.
Baca juga: PT HM Sampoerna Buka Lowongan Kerja Sampoerna Graduate Trainee 2025, Ini Link Pendaftarannya
Posisi yang dibutuhkan :
Asisten Koordinator Bagian Tata Usaha Kepegawaian dan Sistem Informasi Manajemen SDM
Asisten Koordinator Bagian Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management)
Asisten Koordinator Bagian Pengawal Rekomendasi dan Penguatan Jaringan
Asisten Koordinator Bagian Pengelolaan Sistem Rujukan Kasus
Asisten Koordinator Bagian Advokasi Kebijakan
Penempatan Kantor Komnas Perempuan Indonesia (Menteng, Jakarta Pusat)
1.Asisten Koordinator Bagian Tata Usaha Kepegawaian dan Sistem Informasi Manajemen SDM
Kualifikasi :
Pendidikan Formal:
Minimal Sarjana (S1) dari Ilmu Ekonomi Manajemen/Ilmu Sosial yang relevan.
Pendidikan dan Pelatihan:
a. Pelatihan leadership (kepemimpinan);
b. Penulisan laporan;
c. Pengelolaan anggaran, keuangan dan program;
d. Pelatihan pengelolaan kepegawaian (perancangan jabatan dan pengadaan SDM, kompensasi dan benefit dan sistem pensiun).
Pengalaman Kerja:
a. Pengalaman di bidang relevan minimal 3 tahun;
b. Pengalaman dalam posisi manajerial 2 tahun.
Pengetahuan Dasar:
a. Pemahaman mengenai HAM dan Gender;
b. Pemahaman tentang Manajemen Sumber Daya Manusia.
2.Asisten Koordinator Bagian Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management)
Kualifikasi :
Pendidikan formal minimal Sarjana (S1) dari Ilmu Sosial/Ilmu Komunikasi/ilmu lainnya yang relevan dengan pengemasaan data dan informasi yang mudah dipahami oleh publik.
Pengalaman di bidang relevan minimal 3 tahun.
Pengalaman dalam posisi manajerial 2 tahun.
Diharapkan sudah pernah melakukan pelatihan instrumen HAM nasional dan internasional.
Memiliki pengetahuan dan keahlian dalam Pengelolaan Pengetahuan dan Database.
Memiliki pengetahuan dan keahlian dalam Ilmu Perpustakaan dan Komunikasi Publik.
Memiliki pengalaman dalam Pengelolaan Kearsipan.
3.Asisten Koordinator Bagian Pengawal Rekomendasi dan Penguatan Jaringan
Kualifikasi :
Baca juga: Lowongan Magang Bakti CS PEMOL BCA
Pendidikan formal minimal S1 Ilmu Sosial, diutamakan jurusan Hubungan Internasional.
Menguasai bahasa Inggris aktif (reading, writing dan speaking).
Memiliki pengetahuan mengenai politik luar negeri dan para pemangku kepentingannya, khususnya yang terkait dengan bidang HAM (PBB, AICHR dan jaringan nasional dan regional).
Memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai penulisan laporan internasional terkait isu HAM dan perempuan, termasuk SDGs minimal 3 tahun.
Memiliki kemampuan membuat rencana kerja dan anggaran sesuai kebutuhan arah program kerja.
Memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola jaringan, misalnya mengkampanyekan isu-isu tertentu di bidang HAM dan perempuan.
Memiliki pengalaman dan kemampuan mengelola program yang didukung oleh anggaran hibah maupun APBN.
4.Asisten Koordinator Bagian Pengelolaan Sistem Rujukan Kasus
Kualifikasi :
Memahami dan menjalani nilai-nilai yang dianut oleh Komnas Perempuan yaitu anti kekerasan, anti diskriminasi, keberagaman, kesetaraan, dan penghargaan atas kemanusiaan;
Memiliki pengetahuan dan pemahaman sampai tingkat analisis yang baik atas isu-isu pelanggaran hak asasi perempuan dan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, serta memiliki perspektif dan pengetahuan dasar tentang HAM berkeadilan gender;
Memiliki pengetahuan dan keberpihakan tentang prinsip-prinsip keadilan berperspektif korban, termasuk menjaga kerahasiaan korban;
Berpendidikan minimal Sarjana (S1) Ilmu-ilmu Sosial atau Ilmu Hukum;
Memiliki pengalaman dalam bidang yang relevan minimal 3 tahun terkait pengelolaan sistem rujukan bagi perempuan korban kekerasan;
Memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait terkait pengelolaan sistem rujukan bag perempuan korban kekerasan;
Memiliki kemampuan menulis, membuat laporan (baik laporan substantif maupun laporan administrasi keuangan), dan membuat kerangka acuan kegiatan;
Memiliki kemampuan merawat jaringan mitra kerja, antara lain jaringan masyarakat sipil, kementerian/lembaga pemerintah dan mitra jaringan dari luar negeri/internasional;
Memiliki pengalaman dan kemampuan mengelola program yang didukung oleh anggaran hibah luar negeri maupun APBN;
Sanggup bekerja dalam situasi yang kompleks dan dalam tekanan tenggat waktu, mampu melaksanakan banyak tugas dalam waktu bersamaan, dapat bekerja sama dengan baik dalam tim/kelompok, terorganisir serta bersedia melakukan perjalanan dinas (tugas pemantauan) ke lapangan/di luar kantor;
Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik dan artikulatif;
Teliti, jujur dan bertanggung jawab;
Memiliki keahlian tingkat lanjut dalam mengoperasikan program komputer untuk aplikasi Microsoft Office dan aplikasi lain yang mendukung pelaksanaan kerja berbasis teknologi informasi;
Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia baku dan kemampuan dalam bahasa Inggris dengan baik.
5.Asisten Koordinator Bagian Advokasi Kebijakan
Kualifikasi :
Pendidikan formal minimal S1 Kebijakan Publik/Hukum.
Pernah mengikuti Pelatihan HAM dan Pelatihan Gender, serta Pemantauan HAM.
Pengalaman dalam bidang yang relevan dengan posisi jabatannya minimal 3 tahun.
Pengalaman pengelolaan anggaran dan administrasi kegiatan minimal 1 tahun.
Pengalaman terlibat dalam program terkait dengan isu perempuan/kebebasan beragama dan Kelompok Minoritas.
Link Lamaran :
Baca juga: Lowongan Kerja PT Pamapersada Nusantara
1 Asisten Koordinator Bagian Tata Usaha Kepegawaian dan Sistem Informasi Manajemen SDM
Link Lamaran: https://bit.ly/RekrutmenAskorSDMHK2024
2. Asisten Koordinator Bagian Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management)
Link Lamaran: https://bit.ly/RekrutmenAskorRC2024
3. Asisten Koordinator Bagian Pengawalan Rekomendasi dan Penguatan Jaringan
Link Lamaran: https://bit.ly/RekrutmenAI2024
4. Asisten Koordinator Bagian Pengelolaan Sistem Rujukan Kasus
Link Lamaran: https://bit.ly/RekrutmenAskorPemulihan2024
5. Asisten Koordinator Bagian Advokasi Kebijakan
Link Lamaran: https://bit.ly/RekrutmenGKPK2024
Batas Waktu Pengiriman Lamaran :
21 November 2024
Editor : Pahlevi