Maraknya Kosmetik Berbahan Dasar Merkuri Rusak Kulit, Ini Kata BPOM R

Reporter : Mei Nurkholifah
Maraknya Kosmetik Berbahan Dasar Merkuri Rusak Kulit, Ini Kata BPOM RI

Optika.id - Berbagai macam merek kosmetik tentu sudah menjadi hal lumrah di kalangan para wanita, kebanyakan dari mereka cenderung ingin memutihkan wajah dengan cara yang instan dan murah.

Tak jarang juga dari mereka tak sadar bahwa produk yang mereka gunakan terdapat kandungan merkurinya, yang sangat bahaya untuk kulit mereka.

Baca juga: Pabrik Farmasi dan Kosmetik INNA Buka Lowongan Procurement, Ini Kualifikasinya

Merkuri sangat populer dalam kandungan produk pemutih, karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin, sehingga kulit tampak terlihat cerah dan bersinar dalam waktu yang sangat singkat.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya, yang dapat ditemukan atau diakses melalui platform belanja online.

BPOM melakukan pemetaan data kerawanan kejahatan produk kosmetik dengan kandungan merkuri di Indonesia, seperti yang dikutip langsung dari akun Instagram BPOM, Kamis (18/11/2021):

  1. HN
  2. Natural 99 Vitamin E
  3. SP Special UV Whitening Cream
  4. Diamond Cream
  5. Temulawak New day & Night Cream Beauty Whitening Cream-Night
  6. Pemutih Dokter
  7. Ling Zhi Vitamin E
  8. [embed]https:https://www.instagram.com/p/CWKx5-TlFU0/?utm_source=ig_web_copy_link[/embed]

     

Bahaya kandungan merkuri dalam kosmetik:

  • Dapat menyebabkan kanker kulit

Dampak paling parah pada penggunaan merkuri pada kosmetik adalah penyakit kanker kulit. Kandungan merkuri akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan virus kanker yang nantinya bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Baca juga: Ada Lowongan QC di PT Astoria Prima Untuk Lulusan Farmasi dan Kimia

  • Iritasi pada bagian kulit

Pada nyatanya penyebab dari iritasi di kulit bisa dari penggunaan kosmetik. Biasanya iritasi yang muncul berupa gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan dan ruam pada kulit, penggunaan merkuri jangka panjang dapat berdampak serius bagi kesehatan kulit.

  • Membuat kulit semakin pucat dan menimbulkan flek

Penggunaan merkuri pada kosmetik nyatanya bukan membuat kulit kamu putih merona, malinkan putih pucat dan justru menimbulkan masalah baru yaitu flek hitam.

  • Dapat memperlambat pertumbuhan janin

Ibu hamil sebaiknya menghindari penggunaan kandungan kosmetik, sebab banyak dampak yang disebabkan oleh merkuri untuk pertumbuhan janin. terlalu sering terpapar kandungan merkuri nyatanya membuat janin akan lambat dalam perkembangannya.

Bahkan parahnya lagi dapat menyebabkan keguguran, sehingga sebaiknya ibu hamil menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit maupun wajah.

Baca juga: Kesempatan Berkarir di PT Kemas Indah Maju Sudah Dibuka, Untuk 3 Posisi Ini

Reporter: Mei Nurkholifah

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru