Banyuwangi Siap Kirim Bantuan Logistik dan Tenaga Relawan ke Lumajang

Reporter : Jenik Mauliddina
Dok: Humas Pemkab Banyuwangi

Optika. Id, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengirim bantuan paket sembako untuk warga terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru dan telah mengirim tim relawan ke lokasi di Kabupaten Lumajang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi, Mujiono menjelaskan, tim Banyuwangi Peduli Semeru terdiri atas lima personel BPBD serta satu truk tangki air bersih, satu mobil sembako dan alat pelindung diri (APD).

Baca juga: Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek dengan Bahan-bahan Alami

Sebanyak 10 personel Taggana, empat personel tenaga kesehatan, satu mobil rescue, satu ambulans, dan satu mobil dapur umum juga ikut serta dikirim. 

"Untuk dapur umum, Banyuwangi telah menyiagakan dan mengirimkan ke Lumajang, namun menunggu assesment dari BPBD Pemprov Jatim. Khusus untuk dapur umum telah menyiagakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh BPBD Jatim," kata Mujiono Senin (6/12/2021).

Sekda Mujiono berpesan agar para tim relawan Banyuwangi bisa berkoordinasi dengan baik bersama para tim BPBD Jawa Timur.

"Koordinasi yang baik dengan tim yang ada di Lumajang. Patuhi perintah, dan yang terpenting selalu jaga keselamatan dan kesehatan," tuturnya. 

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan, tim Banyuwangi Peduli Semeru tersebut telah diberangkatkan ke Lumajang pada Minggu (5/12/2021) dan dilepas oleh Sekretaris Daerah Mujiono.

Baca juga: Tiga Kali Erupsi, Semeru Semburkan Lahar Sampai 600 Meter

"Ini adalah duka kita semua. Semua harus bergerak cepat membantu. Kami sebagai tetangga dekat Lumajang, berkewajiban untuk membantu saudara kami di sana. Bertahap bantuan akan kami salurkan. Saat ini apa yang bisa kami bantu, kami kirim lebih dulu, terutama tenaga relawan," katanya di Banyuwang. 

Tim tersebut terdiri atas tenaga kesehatan, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi Lagi, Ketinggian Capai 800 Meter

Reporter: Jeni Maulidina

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru