Habiburokhman Imbau Polri Datang ke Sidang PHPU di MK

author Dani

- Pewarta

Selasa, 02 Apr 2024 23:21 WIB

Habiburokhman Imbau Polri Datang ke Sidang PHPU di MK

Jakarta (optika.id) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman mengimbau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk datang ke sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi atau MK. 

Menurut dia, kedatangan Kapolri bisa memperjelas kalau aparat kepolisian itu netral dalam gelaran pesta demokrasi lima tahunan tersebut  

Baca Juga: TKN Curiga Ada yang Ingin Jegal Paslon 02, Benarkah?

"Iya, silakan saja ya," kata Habiburokhman di gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/4/2024). 

Ia mengaku enggan berkomentar lebih jauh ihwal usulan pemanggilan Kapolri ke persidangan.

Sebelumnya, Tim hukum Ganjar-Mahfud berencana memanggil Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam sidang perselisihan hasil pemilu di MK. 

Baca Juga: Habiburokhman Tak Mau Semua Capres Diperiksa KPK, Tidak Perlu Berlebih!

Kuasa hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menjelaskan, pemanggilan Kapolri Listyo untuk dimintai keterangan terkait dugaan pelanggaran dan kecurangan yang terjadi di Pilpres 2024. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, Tim Hukum Ganjar-Mahfud juga ingin mendalami dugaan intimidasi yang dilakukan anggota kepolisian dalam tahapan Pilpres 2024. 

Dugaan intimidasi oknum aparat ini menjadi salah satu permasalahan yang didalilkan tim hukum Ganjar-Mahfud maupun Anies-Muhaimin dalam gugatan sengketa Pilpres 2024 yang tengah berlangsung di MK. 

"Kenapa Kapolri, karena nanti akan diperlihatkan bahwa cukup banyak hal-hal yang menyangkut kepolisian, pihak polisi yang melakukan intimidasi, kriminalisasi, yang terlibat dengan ketidaknetralan dalam kampanye," ujar Todung di gedung MK, Selasa (2/4/2024).

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU