Gerindra Tepis Isu Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Ikut Pilkada

author Dani

- Pewarta

Sabtu, 29 Jun 2024 21:34 WIB

Gerindra Tepis Isu Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Ikut Pilkada

Jakarta (optika.id) - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak pernah menawarkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep kepada partai politik (parpol) untuk meramaikan gelaran Pilkada Serentak 2024. 

"Pernyataan tersebut sudah dibantah oleh pihak PSI, tidak benar Pak Jokowi menyodorkan Mas Kaesang ke parpol-parpol," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: Gerindra Ingin Tak Ada Kubu-kubu di Pilkada Jakarta 2024

Menurut dia, munculnya nama Kaesang itu merupakan aspirasi dari masyarakat Jakarta. Hal tersebut pun datang dari partainya yang mengingingkan ketua umum PSI itu menjadi bakal calon pemimpin di Jakarta.

"Kalau di Gerindra nama Mas Kaesang muncul dari grassroot konstituen kami untuk posisi cawagub. Tidak ada komunikasi Pak Jokowi menawarkan kepada kami," ujarnya.

Meski begitu, kata dia, hingga kini partainya belum memutuskan siapapun tokoh untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Proses di Gerindra dilakukan dengan penjaringan berjenjang. Kader-kader di grass root mengusulkan kepada DPC, lalu ke DPD kemudian ke DPP terakhir diputus oleh Pak Prabowo selaku Ketum sekaligus KDP (Ketua Dewan Pembina)," ungkap Habiburokhman.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dinilai ikut turun tangan untuk menyukseskan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Habiburokhman Setuju Bansos untuk Pelaku Judi, Apa Alasannya?

Penilaian tersebut dilontarkan Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsyi. Bahkan, Aboe Bakar menilai Jokowi sudah menyodorkan Kaesang ke beberapa partai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Aboe Bakar, cawe-cawe Jokowi sudah berlangsung sejak Pilpres, dan akan dilanjutkan pada Pilkada Jakarta.

"Kan sudah biasa cawe-cawe, mulai dari presiden sampe nanti, biasa. Jadi, enggak ada masalah biar aja," ujar Aboe Bakar di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Aboe Bakar menilai, jika melihat dari peta koalisi, ada kemungkinan Kaesang dipasangkan dengan Ridwan Kamil.

Baca Juga: Mahfud MD Respon Habiburokhman: Kapan Saya Bilang Kasus Vina Cirebon Selesai?

Sejauh ini, Partai Golkar belum memutuskan apakah Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta atau di Pilkada Jawa Barat.

Menurutnya peta politik jelang Pilkada DKI Jakarta masih sangat dinamis, sehingga nama-nama yang muncul akan terus berkembang.

"Sudah-sudah, sudah menyodorkan. Kita lihat saja," ujar Aboe Bakar.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU