Pameran Tank-Tank Musuh Di Moskow: Bentuk Psywar Rusia

author Dani

- Pewarta

Selasa, 07 Mei 2024 08:04 WIB

Pameran Tank-Tank Musuh Di Moskow: Bentuk Psywar Rusia

Oleh: Cak Ahmad Cholis Hamzah

Baca Juga: Perlunya Diksi Yang Memberi Semangat

Surabaya (optika.id) - Pada jaman kerajaan-kerajaan dahulu kala kalau pada pertempuran yang melibatkan ribuan pasukan bersenjata pedang dan panah dari dua pihak yang bertikai – dimana salah satu pihak bisa menawan raja yang memimpin perang atau bahkan memenggal kepalanya – lalu dipamerkan kepada ribuan pasukan musuhnya, maka seketika itu pasukan yang rajanya tertawan atau terbunuh itu menyatakan kekalahannya. Memamerkan raja yang tertawan dan terbunuh didepan musuhnya itu adalah salah satu bentuk Psywar atau perang syaraf yang bertujuan melemahkan moral pasukan musuh dan menguatkan moral pasukan pemenang.

Nampaknya Rusia dalam perang melawan Ukraina (sejatinya melawan Amerika Serikat dan NATO dimana Ukraina hanya dijadikan proxy saja) kali ini melakukan Psywar kepada musuh dengan memamerkan tank-tank, kendaraan dan senjata canggih milik AS dan NATO di ibukota Rusia Moskow.

Pameran terbuka itu dibuka pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2024 memamerkan lebih dari 30 kendaraan Pakta Pertahanan Atlantik Utara yang direbutnya dari Ukraina. Di antara aset yang disita yang dipamerkan adalah tank Abrams buatan AS, tank Leopard Jerman, kendaraan pendukung Husky Inggris, dan puluhan kendaraan dari negara-negara seperti Prancis, Swedia, dan Australia.

Baca Juga: Sejak Kecil Melihat Dunia

Psywar dalam bentuk pameran persenjataan musuh yang disita dalam pertempuran di Ukraina itu juga ingin menunjukkan dunia bahwa ternyata persenjataan pihak AS dan NATO yang diklaim paling canggih didunia seperti Tank Abrams buatan AS dan Leopard buatan Jerman dll itu dengan mudahnya dilumpuhkan oleh drone, artileri dan ranjau milik Rusia. Hal itu juga menunjukkan bahwa pihak Rusia memiliki strategi dan kemampuan lebihunggul melaksanakan taktik pertempuran yang canggih melawan barat dan Rusia kapanpun akan mampu melawan ancaman pihak barat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Kemenangan kami tidak bisa dihindari. Tidak ada peralatan militer Barat yang akan mengubah situasi di medan perang," tulis Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah posting Telegram yang mengumumkan pameran tersebut.

Baca Juga: Melegalkan Praktek Politik Uang = Pendidikan Politik Yang Buruk

Pameran, bernama "Piala Angkatan Darat Rusia," diadakan selama sebulan di Victory Park, sebuah peringatan yang didedikasikan untuk kemenangan Uni Soviet dari Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Berbagai aset militer lainnya yang dipamerkan termasuk tank T-72A Ukraina, kendaraan tempur Bradley AS, kendaraan tempur AMX-10 RC Prancis, dan Howitzer M777. Sekitar40 kendaraan militer dari semua ukuran dipamerkan secara total.

Acara ini diadakan menjelang perayaan 9 Mei, ketika Rusia menandai kemenangan atas Nazi dalam apa yang telah menjadi pusat pemerintahan panjang Presiden Vladimir Putin. Tanggal 9 Mei bagi bangsa Rusia adalah hari libur nasional yang penting yang menandakan kedigjayaan pasukan Uni Sovyet menghancurkan Nazi Jerman pada perang dunia II dulu dimana jumlah pasukan Rusia yang gugur adalah paling banyak diantara pasukan sekutu yang gugur – yaitu ada yang mengatakan 26 juta dan 36 jutaan.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU