Tutup Rakernas, PDIP Akan Jadi Oposisi Pemerintahan?

author Dani

- Pewarta

Minggu, 26 Mei 2024 09:42 WIB

Tutup Rakernas, PDIP Akan Jadi Oposisi Pemerintahan?

Jakarta (optika.id) - PDI Perjuangan atau PDIP menutup agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V pada hari ini, Minggu (26/5/2024). Dalam penutupan Rakernas nanti akan dibacakan rekomendasi hasil Rakernas. 

Adapun salah satu yang dibahas ialah terkait persiapan Pilkada Serentak 2024 hingga sikap politik terhadap pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Baca Juga: PDIP dan Anies Baswedan, Kolaborasi Bagus untuk Politik Indonesia

Selanjutnya, ditutup dengan pidato politik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Baca Juga: Pertimbangkan Usung Anies di Pilkada Jakarta, Utut: Merepotkan Ideologi Kami Tidak?

Namun, sebelumnya Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut, partainya belum memutuskan sikap politik apakah menjadi oposisi atau berkoalisi pada pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut dia, kritikan keras yang dilontarkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terhadap proses terpilihnya Prabowo-Gibran hanya sebagai bentuk pengawasan. 

Baca Juga: PDIP Beri Sinyal Akan Koalisi dengan PKB di Pilgub Jawa Timur!

"Di luar pemerintahan atau dalam pemerintahan, Ibu menyampaikan soal check and balances itu kan wajar saja. Bahkan dalam pemerintahan pun, posisi DPR melekat dalam dirinya untuk selalu melakukan pengawasan terhadap pemerintah," kata Said di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, (25/5/2024). 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU