Optika.id - Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk Pelatihan Praktik Pembelajaran Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu.
Kegiatan ini melibatkan 20 guru dari sekolah tersebut dan bertujuan meningkatkan kemampuan literasi serta penerapan kurikulum yang lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan siswa.
Baca Juga: Pengamat Sebut Transportasi Publik Jadi Isu Krusial Debat Pilkada
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, diawali dengan sesi pembukaan yang dihadiri oleh perwakilan UNESA dan Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan apresiasi atas inisiatif UNESA dan menekankan pentingnya pelatihan ini bagi pengembangan profesionalisme para guru.
Materi pelatihan mencakup berbagai teknik pembelajaran literasi inovatif, seperti penggunaan media digital, pembelajaran berbasis proyek, serta pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Para peserta juga diajak berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai tantangan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
Baca Juga: S2 Pendidikan IPS Laksanakan PKM Bersama MGMP IPS Kabupaten Mojokerto
Dosen-dosen dari UNESA yang bertindak sebagai narasumber menekankan bahwa pengembangan literasi tidak hanya penting untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga berkontribusi pada kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Mereka berharap, melalui pelatihan ini, para guru dapat mengintegrasikan metode baru yang lebih menarik dan efektif dalam pembelajaran sehari-hari.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Program ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami memperoleh banyak wawasan baru dan strategi praktis untuk meningkatkan kualitas pengajaran di kelas, ungkap salah satu peserta pelatihan.
Baca Juga: Kukuhkan 4 Guru Besar, Rektor Unesa Harap Bawa Spirit Baru
Di akhir kegiatan, para peserta diberi kesempatan untuk merancang rencana pembelajaran berbasis literasi yang siap diterapkan di kelas masing-masing. Harapannya, pelatihan ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, sekaligus mempererat hubungan antara UNESA dan komunitas pendidikan di luar negeri.
Dengan berakhirnya kegiatan ini, UNESA berkomitmen untuk terus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, termasuk di luar negeri.
Editor : Pahlevi