Shopee Perkuat Kerja Sama UMKM Jogja, Gandeng Pusat Inkubasi Meravi ID

Reporter : Seno
IMG-20220126-WA0009

Optika.id - Setelah sukses mendirikan kampus Shopee UMKM di berbagai kota-kota besar di Indonesia, salah satu raksasa marketplace di Indonesia Shopee mulai membuka kerja sama dengan pengusaha-pengusaha UMKM. Kerja sama ini direalisasikan dalam bentuk memberi akses kepada pengusaha UMKM untuk naik kelas ke jenjang nasional dengan melibatkan jaringan marketplace Shopee. Selain itu, kerja sama juga difokuskan pada peningkatakan softskill pengusaha UMKM mengenai digital marketing.

Salah satu yang dilakukan pengembangan bisnis Shopee di sektor UMKM adalah getol mengadakan pelatihan-pelatihan digital marketing kepada pengusaha UMKM yang rata-rata masih belum memahami sistem kerja marketplace. Input peserta pelatihan ini dikhususkan pada pelaku UMKM di kota-kota besar dan daerah penyangganya di Indonesia, seperti Kota Yogyakarta dan daerah-daerah sekitarnya. Kemudian output yang akan dikembangkan, para pelaku UMKM ini dapat berjualan produk-produk UMKM di marketplace sehingga bisa meningkatkan omset penjualan sekaligus pendapatan.

Baca juga: Kembangkan UMKM, Pemkot Adakan Pelatihan Creator Lab

Di Yogyakarta sendiri Shopee menggandeng pusat inkubasi bisnis UMKM Meravi ID yang sebelumnya telah memiliki program Kejar UMKM. Program Kejar UMKM merupakan program pendampingan Meravi ID kepada UMKM-UMKM di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berfokus pada penataan kelembagaan, legalitas usaha hingga manajemen penjualan untuk meningkatkan omset pendapat baik melalui penjualan konvensional hingga modern.

Shopee menggandeng Meravi ID untuk memperkuat manajemen penjualan UMKM di Yogyakarta pada jalur penjualan modern di marketplace, salah satunya dengan menggelar pelatihan digital marketing bagi 50 pelaku UMKM pada Selasa, (18/1/2022). Peserta pelatihan ini sengaja dibatasi karena Shopee dan Meravi ID akan melakukan pendampingan pasca pelatihan sehingga nantinya pelaku UMKM benar-benar bisa melakukan penjualan di marketplace secara paripurna.

Yoga Arya, Bisnis Development Shopee Yogyakarta yang juga menjadi pemateri digital marketing menyampaikan ada beberapa trik dan teknik yang seringkali dilupakan pelaku UMKM saat berjualan di marketplace, misalnya cara penggunaan foto yang baik, deskripsi produk yang baik hingga mengelola toko juga memerlukan keterampilan sendiri. Sehingga nantinya peserta pelatihan tidak asal pasang foto dan copywriting produk yang itu-itu saja. Selain itu Yoga juga memperkenalkan beberapa fitur-fitur di aplikasi marketplace Shopee yang perlu dipahami pelaku UMKM. Menariknya, pelatihan ini langsung praktik dari materi-materi yang telah dipaparkan, sehingga peserta yang telah memiliki toko di Shopee dapat langsung memperbaikinya, sementara bagi yang belum bisa membuka segera toko UMKM nya di aplikasi Shopee.

Baca juga: Pemkot Surabaya Upayakan Tambah Sejumlah UMKM di Sektor Mamin

Diana Arta, Direktur Kemitraan Meravi ID dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pelatihan kerjasama dengan Shopee menyasar UMKM di Jogja bertujuan untuk mengakselerasi kemampuan UMKM naik kelas di masa pandemi. Meravi ID sendiri sebagai pusat inkubasi bisnis UMKM memiliki data banyaknya UMKM yang terkena dampak pandemi dan memerlukan intervensi kemampuan untuk shifting (berpindah) dari penjualan konvensional ke online agar tetap bisa bertahan di masa pandemi.

Oleh: Rianto (pegiat UMKM Kota Yogyakarta)

Baca juga: Cawapres 02 Janjikan 19 Juta Lapangan Kerja dari UMKM Hingga 5 Juta Green Jobs

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru