Sederet Jabatan Diemban Megawati di Era Jokowi

Reporter : Denny Setiawan
kiri megawati, kanan joko widodo

Optika.id - Presiden Joko Widodo baru saja menunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka.

Dari data yang dihimpun Optika.id, Sabtu (9/4/2022) jabatan tersebut bukan kali pertama Megawati di pemerintahan Jokowi. Total, ada 3 jabatan yang diberikan Jokowi kepada Ketua Umum PDI Perjuangan ini:

Baca juga: Megawati Respon MK: Ternyata Hakim Masih Punya Hati Nurani dan Keberanian!

  • Ketua Dewan Pengarah BPIP

Jabatan pertama adalah Ketua Dewan Pengarah Badan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Jokowi melantik Megawati pada 22 Maret 2018 lalu.

Megawati duduk di kursi Dewan Pengarah BPIP bersama sejumlah tokoh, seperti Try Sutrisno, Ahmad Syafii Ma'arif, Said Aqil Siradj, Ma'ruf Amin, dan Muhammad Mahfud MD.

Kala itu, BPIP baru berumur sebulan yang sebelumnya bernama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

  • Ketua Dewan Pengarah BRIN

Jabatan Megawati di BPIP menjadikannya pejabat ex-officio di sejumlah lembaga. Salah satunya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Jokowi membentuk BRIN lewat Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro merangkap sebagai Kepala BRIN.

Beberapa waktu setelahnya, Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021. Salah satu aturan dalam perpres itu mengatur unit bernama Dewan Pengarah.

Baca juga: Siang Ini, PDIP Akan Umumkan Bacakada Tahap Ketiga!

Pasal 7 ayat (2) Perpres Nomor 78 Tahun 2021 menyebut Ketua Dewan Pengarah BRIN dirangkap oleh Ketua Dewan Pengarah BPIP. Megawati pun mendapat jabatan baru.

  • Duta Pancasila Paskibraka

Jabatan Ketua Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka juga didapat Megawati karena jabatan di BPIP.

"Dewan pembina sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diketuai oleh Ketua Dewan Pengarah Badan," dikutip dari pasal 14 ayat (4) Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022.

Organisasi itu mewadahi eks Paskibraka yang telah menjalani pelatihan khusus dari BPIP. Pimpinan Duta Pancasila Paskibraka pun bertanggung jawab kepada Kepala BPIP.

Baca juga: Anies Puji PDIP Konsisten: Penjaga Konstitusi Sama dengan Penjaga Negara!

Reporter: Denny Setiawan

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru