Ke Mana Semua Tuntutan Demo Mahasiswa di Surabaya? Ini Jawaban Dewan

Reporter : Seno
IMG-20220418-WA0051

Optika.id, Surabaya - Tiga gelombang demonstrasi mahasiswa mewarnai Surabaya selama sepekan terakhir. Pada 13 April 2022 lalu, mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus melakukan aksi turun ke jalan. Selang sehari giliran Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Surabaya (ABS) yang berunjuk rasa. Terakhir HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Surabaya pada hari ini, Senin (18/4/2022).

Ketiga aksi berakhir sama, yakni aspirasi massa aksi ditandatangani oleh anggota dewan. Dan dewan akan menyampaikan tuntutan mereka kepada Presiden Joko Widodo dan DPR RI. Lalu benarkah demikian?

Baca juga: Tegas Berantas Gangster, HMI Surabaya Apresiasi Kapolrestabes Surabaya

Pada aksi demonstrasi HMI di depan gedung DPRD Jatim, Noer Soetjipto dari Komisi B dan Agung Supriyanto dari komisi C DPRD Jatim keluar dari dalam gedung dan langsung duduk bersama di atas aspal Jalan Indrapura bersama 200 lebih mahasiswa lainnya.

"Kemarin tanggal 13 saya sudah janji, tanggal 14 kemarin juga saya menemui. Di sini saya buka dan perlihatkan di kepada semuanya, pada tanggal 13 dan 14 kemarin. Surat tuntutan sudah kami teruskan dan diterima oleh presiden dan DPR RI, ini buktinya," ujar Noer Soetjipto, sambil memperlihatkan kertas bukti penerimaan.

Terhadap pertanyaan mahasiswa, yang menginginkan kestabilan bahan pokok menjelang lebaran. Noer Soetjipto, mengungkapkan DPRD telah menyiapkan beberapa skema seperti, menyiapkan 4,5 juta sapi untuk stok daging di Jawa Timur.

"Selain itu, kami menegaskan stok Beras Jatim dipastikan aman dan ada menggelar sidak-sidak di bulan Ramadhan menjelang lebaran 2022," jelasnya.

Baca juga: Tak Digubris Pemerintah, Mahasiswa Disarankan Aksi yang Lebih Besar

Agung Supriyanto dari fraksi PAN yang juga duduk bersama mahasiswa menegaskan bahwa fungsi DPRD sebagai ada keharusan menerima aspirasi masyarakat dan menciptakan kesejahteraan.

"Untuk tuntutan IKN (Ibu Kota Negara) sudah menjadi produk hukum, jika ada pertimbangan-petimbang bisa jadi. Apapun bisa terjadi di Politik. Jika tuntutan mahasiswa seperti itu itu memungkinkan terjadi. Saya sampai terima kasih atas aspirasinya," tukasnya.

Reporter: Jenik Mauliddina

Baca juga: Perwakilan Kanwil DJP II Kemenkeu Temui Massa HMI Jatim, Janji Bawa Tuntutan ke Sri Mulyani

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru