4 Trik Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi

Reporter : Mei Nurkholifah
4 Trik Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi

Optika.id - Cara Membuka HP yang lupa dengan kata sandi, dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Ada beragam upaya yang bisa digunakan, ketika kamu lupa akses masuk sehingga tak perlu ke service center.

Produsen smartphone kini juga terus meningkatkan berbagai jenis password untuk keamanan produknya. Mulai dari kombinasi angka dan huruf, pola, sensor fingerprint atau pemindai wajah. Sementara itu, pengguna yang lupa password HP juga tak dapat mengakses smartphone-nya. 

Baca juga: Pengolahan Air Bersih di Indonesia untuk Memenuhi Tujuan Sustainable Development Goals (SDGS)

Dilansir dari Sindonewns.com pada Senin (18/4/2022), berikut ini beberapa cara membuka HP yang lupa kata sandi:

  1. Menggunakan Smart Lock 

Dikutip dari Makeuseof.com, smart lock merupakan fitur Android yang bisa membuka perangkat dengan mengabaikan password yang diterapkan. Namun untuk bisa menggunakannya Anda harus sudah mengaktifkan fitur ini sebelum Anda lupa kata sandi.

  • Buka Pengaturan 
  • Pilih Keamanan
  • Smart lock

Anda harus input kata sandi Anda saat ini untuk membuat perubahan pada fitur tersebut. Kemudian Anda bisa menentukan lima opsi yang memungkinkan untuk mengakses kunci ponsel Anda tanpa kata sandi: - Deteksi pada tubuh: 

Ponsel mendeteksi bahwa Anda sedang membawanya dan secara otomatis tetap tidak terkunci saat berada di tangan atau saku Anda. - Tempat terpercaya: Menggunakan lokasi Anda untuk membuka kunci ponsel saat Anda berada di dekat alamat yang telah Anda pilih. - Perangkat terpercaya.

Membuat perangkat Anda tidak terkunci saat terhubung ke perangkat Bluetooth terpercaya, seperti pelacak kebugaran atau mobil Anda.seperti Deteksi wajah: Menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel Anda. atau Pencocokan suara: 

Saat mengenali suara Anda, itu akan membuka kunci ponsel Anda. Sayangnya, opsi ini dihentikan di Android 8 Oreo dan seterusnya, meskipun masih berfungsi pada perangkat sebelumnya.

Baca juga: Aplikasi Nanoteknologi pada Sel Surya untuk Keberlanjutan Energi!

Jika Anda telah menyiapkan satu atau beberapa opsi ini sebelum Anda lupa kata sandi, Anda bisa menggunakannya untuk mengakses kembali ke smartphone Anda.

  1. Google Find My Device

Cara pertama yang bisa kamu gunakan dalam membuka kata sandi di HP yakni dengan mengakses google Find My Device. Ya, kamu tidak salah baca, fitur Google yang satu ini tidak hanya bisa dipakai untuk menemukan HP yang hilang saja. Google Find My Device juga menjadi solusi untuk membuka kata sandi HP.

Untuk melakukannya kamu bisa mengikuti cara berikut.

  • Akses situs Google Find My Device di https:https://www.google.com/android/find dari browser PC atau laptop
  • Login menggunakan akun Google yang sama seperti pada HP milikmu
  • Kemudian, pilih opsi Lock atau Kunci. Apabila Android Device Manager mengalami kesulitan dalam menemukan perangkat kamu, klik tombol refresh beberapa kali.
  • Masukkan kata sandi baru sebanyak dua kali sebagai konfirmasi.
  • Sekarang kamu sudah bisa membuka HP yang terkunci dengan password baru.
  1. Gunakan fitur safe mode

Cara membuka sandi HP yang lupa lainnya bisa dilakukan juga dengan mengaktifkan fitur safe mode. Tapi, kalian hanya bisa menggunakan fitur ini jika menggunakan lock screen dari pihak ketiga, bukan bawaan HP. Sebab, ketika masuk safe mode, aplikasi pihak ketiga tak akan berfungsi. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur safe mode untuk membuka HP yang lupa sandi.

Baca juga: Ini Cara Mengecek Apakah HP Kita Disadap, Bikin HP Lemot

  • Untuk masuk safe mode, tekan tombol power beberapa saat hingga muncul opsi "power off.
  • Setelah itu, pilih dan tahan opsi power off.
  • Kemudian, akan muncul opsi reboot ke safe mode. Pilih, Okay.
  • Ketika sudah masuk di safe mode, kalian bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart lagi HP kalian. Dengan begitu, kalian bisa masuk perangkat tanpa harus memasukkan kata sandi lagi.
  1. Menggunakan factory reset

Pilihan cara membuka sandi HP yang lupa lainnya adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan settingan pabrik. Untuk melakukan cara ini, kalian harus melakukan booting perangkat ke mode Recovery. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Cara paling sederhana untuk melakukan factory reset adalah dengan mematikan smartphone sembari menekan tombol volume turun bersamaan.
  • Jika sudah, kalian akan masuk ke sistem bootloader. Setelah itu, kalian bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi ke Recovery Mode, dan pakai tombol power untuk menggantikan fungsi enter.
  • Pilih Wipe data/factory reset.
  • Selanjutnya, tekan tombol power untuk konfirmasi pilihan.
  • Secara otomatis HP akan melakukan restart dan menghapus data. Selesai.

Reporter: Mei Nurkholifah

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru