Ini Cara Mengecek Apakah HP Kita Disadap, Bikin HP Lemot

author Mei Nurkholifah

- Pewarta

Minggu, 19 Nov 2023 09:26 WIB

Ini Cara Mengecek Apakah HP Kita Disadap, Bikin HP Lemot

Optika.id - Di era digital yang berkembang sangat cepat, tentunya memberikan dampak positif dan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat di dunia. Namun di sisi lain pastinya ada resiko dan ancaman yang harus dihadapi oleh setiap orang dalam era digital saat ini. Salah satunya adalah ancaman penyadapan handphone (HP) yang bisa datang kapan saja dan mudah. 

Dengan adanya potensi penyadapan HP ini, mengharuskan kita sebagai pengguna perlu berhati-hati dalam menjaga data privasi yang terdapat di HP, dan kita juga perlu mengetahui tanda-tanda HP yang disadap untuk bisa melakukan langkah antisipasi. Berikut beberapa ciri HP kamu telah disadap, Minggu (19/11/2023):

Baca Juga: Pengolahan Air Bersih di Indonesia untuk Memenuhi Tujuan Sustainable Development Goals (SDGS)

1. Terdapat Suara Aneh saat Melakukan Telepon 

Jika pada saat kamu melakukan kegiatan telepon dengan seseorang terdapat suara aneh atau dengung tinggi, ini menjadi salah satu tanda jika HP kamu telah disadap. Biasanya suara aneh ini bisa berbunyi bip, klik atau noise buzzing. 

Kamu juga bisa cek dengan menggunakan sensor bandwidth suara pada frekuensi rendah. Jika terdapat beberapa kali suara yang muncul dalam satu menit saja bisa jadi HP kamu telah disadap, namun suara aneh biasanya terjadi bagi HP atau smartphone kita semua. 

2. Persentase Baterai HP Cepat Habis

Salah satu ciri-ciri HP kamu disadap bisa dilihat dari daya tahan baterai smartphone kamu. Biasanya ini membuat daya baterai menjadi cepat habis dan panas. 

Ini bisa terjadi karena pelaku penyadapan bisa saja menanamkan software yang bisa menjalankan HP kamu dibalik layar dan pelaku tersebut akan mengutak-atik isi HP kamu dengan membuka beberapa aplikasi, penyimpanan file dan dokumen, sehingga pada akhirnya menyebabkan baterai HP kamu berkurang dengan cepat. 

Jika Kamu tidak menggunakan HP untuk beraktivitas tetapi baterai nya cepat habis, bisa saja ini menjadi tanda HP kamu sedang disadap oleh seseorang yang tidak dikenal. 

3. Terdapat Aktivitas Aneh dan Mencurigakan di HP

Baca Juga: Aplikasi Nanoteknologi pada Sel Surya untuk Keberlanjutan Energi!

Aktivitas aneh ini maksudnya adalah aplikasi HP biasa terbuka dan berjalan sendiri, padahal kita tidak sedang menggunakan aplikasi tersebut, sehingga patut untuk dicurigai. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu aktivitas aneh dan mencurigakan juga bisa ditandai dengan muncul pesan teks yang aneh dan berisi huruf & angka dan iklan pop up yang misterius muncul. 

4. Cek Aktivitas Email dan Akun Sosial Media

Salah satu penyebab HP kamu disadap bisa saja kamu membuka tautan dari email dan chat di akun media sosial. Ketika kamu membuka tautan tersebut, secara otomatis tersambung untuk menginstal aplikasi penyadap.

Maka dari itu, kita perlu melakukan cross cek di email atau pesan yang terdapat di akun sosial media, sehingga bisa saja kamu mendapatkan pesan atau tautan mencurigakan dari seseorang yang tidak kenal.  

Baca Juga: Guru Dituntut Kuasai Teknologi Pedagogi

5. HP Menjadi Lemot 

Ciri lainnya HP kamu disadap adalah smartphone kamu menjadi lemot, hal ini bisa terjadi karena pelaku mengendalikan HP kamu dari jauh, sehingga menyebabkan sistem perangkat HP kamu menjadi lamban dan lemot. 

6. Aplikasi Pihak Ketiga 

Kamu harus berhati-hati jika mengunduh aplikasi yang bukan berasal dari toko aplikasi resmi seperti App Store ataupun Play Store. Pastikan jika mengunduh sebuah aplikasi, kamu harus mengunduh nya lewat pihak yang sah dan terpercaya sebelum menginstalnya di dalam HP kamu untuk bisa menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selain itu pelaku penyadap juga bisa saja memasang aplikasi asing atau malware di HP sehingga dapat mengakses HP dan mendapatkan informasi pribadi dari HP kamu. Ada Baiknya jika terdapat aplikasi asing yang kamu rasa tidak pernah di unduh, segeralah hapus karena ini besar kemungkinan penyadapan. 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU