Ini Catatan dan Saran dari Dewan Pada LKPJ Gubernur  2021

Reporter : Jenik Mauliddina
Dok: Kominfo Provinsi Jatim

Optika.id, Surabaya - Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Jawa Timur akhir tahun 2021 memasuki babak akhir. Kali ini pada penyerahan rekomendasi dari pansus dan Fraksi di DPRD Jatim.

Ada beberapa catatan yang menjadi masukan bagi penyusunan rancangan kebijakan tahun ini atau tahun mendatang.

Baca juga: KPU Jatim Pastikan Tak Ada Calon Independen Maju Pilgub

Dalam pandangan akhir, jajaran fraksi menyampaikan sejumlah saran maupun harapan kepada Pemprov Jatim. Misalnya, Fraksi Partai Golkar yang menyampaikan tentang Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

Juru Bicara Fraksi Partai Golkar, Pranaya Yudha Mahardika dalam keterangannya mengungkapkan, PAD di tahun 2021 berhasil melampaui target utamanya masukan dari sektor pajak. Sedangkan hasil dari BUMD juga memperkuat PAD tetapi belum signifikan.  Sehingga, Fraksi Partai Golkar berharap bisa dilakukan kajian terhadap BUMD atau anak perusahaan untuk menentukan badan usaha yang harus dipertahankan ataupun harus ditutup.

Disisi lain, Fraksi Partai Golkar juga menyatakan apresiasi atas 76 penghargaan formal dan prestisius baik tingkat nasional maupun internasional yang diraih provinsi Jawa Timur.

 "Capaian tersebut, merupakan keberhasilan bersama seluruh perangkat pemerintah dan stakeholder serta leadership yang mumpuni, justru di masa sulit pandemi," ucap Yudha, Jumat (29/4/2022).

Sementara itu, Fraksi PPP DPRD Jatim dalam pendapat akhir mereka juga menyampaikan sejumlah harapan. Misalnya, mereka terus mendorong dan berharap dalam situasi saat ini Pemprov memberikan porsi anggaran yang signifikan untuk pengembangan UMKM.

Baca juga: Pemilu Segera Datang, Gubernur Khofifah Ajak Warga Jatim Jaga Persatuan

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan dari 11 Indikator Kinerja Utama (IKU) sesungguhnya sudah tercapai dari target. Capaian ini, disebutnya merupakan peran serta semua pihak. 

"Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pansus LKPJ dan seluruh fraksi yang secara maraton telah melakukan pembahasan sehingga menghasilkan rekomendasi," ucap Khofifah.

Menurut Khofifah, rekomendasi dari dewan sangatlah penting dan strategis untuk upaya peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.  "Maupun percepatan pelayanan kepada masyarakat," ucap Gubernur Khofifah yang menyatakan bakal menindaklanjuti rekomendasi secara komprehensif.

Sebelumnya, Sembilan Fraksi di DPRD Jatim resmi menerima dan menyerahkan hasil rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur akhir tahun 2021. Penyerahan rekomendasi ini berlangsung dalam rapat paripurna DPRD Jatim, Kamis (28/4/2022). 

Baca juga: Khofifah Masih Tunggu Rekomendasi Kiai Soal Langkah Politiknya!

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru