KPU Jatim Pastikan Tak Ada Calon Independen Maju Pilgub

author Dani

- Pewarta

Minggu, 12 Mei 2024 21:43 WIB

KPU Jatim Pastikan Tak Ada Calon Independen Maju Pilgub

Surabaya (optika.id) - KPU Jatim telah membuka pendaftaran bakal calon Gubernur Jatim melalui jalur perseorangan atau independen sejak 4 hari lalu. Namun, hingga hari terakhir, 12 Mei 2024, tidak ada calon independen yang mendaftar.

"Dari awal masa pendaftaran hingga saat ini belum ada yang mendaftar," kata Komisioner KPU Jatim Choirul Umam dalam keterangannya, Minggu (12/5/2024).

Baca Juga: Gubernur Jatim Upayakan Pelaku Usaha Ultra Mikro Jauh dari Jeratan Rentenir

Umam mengatakan pendaftaran Pilgub Jatim jalur perseorangan sudah dibuka sejak Rabu (8/5/2024) lalu.

"Padahal, hari Minggu ini merupakan masa terakhir pendaftaran buat bakal calon independen Gubernur Jatim di KPU Jatim," jelasnya.

Umam mengatakan, KPU Jatim tetap membuka pendaftaran untuk bakal calon Gubernur Jatim independen hingga Minggu malam pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: Kasus Dana Hibah, Apakah Gubernur Khofifah Bisa Kena?

Umam mengungkap hingga hari terakhir ini tak ada bapaslon independen yang konfirmasi akan datang. Termasuk juga belum ada satupun kandidat pasangan yang meminta pembukaan akses ke Sistem Informasi Pencalonan Daerah (Silonkada). Sebagai informasi, Silonkada digunakan untuk proses penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Pelayanan hari terakhir ini kami buka sampai pukul 23.59 WIB," ungkap Umam dilansir dari Detik.com

Baca Juga: Gubernur Khofifah Tegaskan Tak Tahu Menahu Soal Besaran Dana Hibah

Umam membeberkan untuk tahapan Pilkada Serentak 2024 telah dimulai sejak 8-12 Mei 2024 untuk masa penyerahan syarat dukungan minimal dari bapaslon independen kepada KPU.

Sesuai ketentuan, untuk maju Pilgub Jatim 2024 jalur perseorangan dibutuhkan minimal 2.041.185 jumlah dukungan berupa KTP dan tersebar di minimal 20 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU