Jokowi Sebut Arus Mudik 2022 Berlangsung Lancar dan Aman

Reporter : Denny Setiawan
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Source: twitter)

Optika.id - Presiden RI Joko Widodo memastikan arus mudik lebaran 2022 di berbagai daerah secara umum berlangsung lancar dan aman

Untuk arus mudiknya saya melihat semuanya berjalan dengan baik, kata Presiden Jokowi seusai bersilaturahmi dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Keraton Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Baca juga: Pelindo Ungkap 65 Ribu Pemudik Pulang Lewat Pelabuhan Tanjung Perak

Mengenai antrean panjang kendaraan yang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten, menurut Presiden, hal itu disebabkan volume kendaraan yang terlalu banyak sehingga tidak sesuai dengan kapasitas dermaga dan kapal yang ada.

Namun demikian, ia memastikan antrean panjang itu sudah bisa dikurangi dengan menambah jumlah kapal dan dermaga.

Kapalnya sudah disiapi ditambah dari 30-an menjadi 50-an tetapi tidak cukup, tambah lagi dermaganya dua lagi baru bisa mengurangi, urainya.

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Dishub untuk Berikan Atensi di Pelintasan KA Selama Mudik Berlangsung

Menurut Presiden, arus mudik Lebaran 2022 sesuai yang ia prediksikan sebelumnya yakni diikuti sekitar 85,5 juta jiwa dengan 23 juta kendaraan roda empat, dan 17 juta sepeda motor.

Dirinya kemudian mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat dapat melakukan perjalanan arus balik mudik secara lebih awal. Agar kejadian-kejadian serupa seperti beberapa waktu yang lalu tidak terjadi di kemudian hari.

Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal. Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni, pungkasnya.

Baca juga: Berikut Ini Jam-Jam Favorit Masyarakat Saat Mudik dari Hasil Survei Kemenhub

Reporter: Denny Setiawan
Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru