Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BPIP

Reporter : Denny Setiawan
Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BPIP

Optika.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden ke-5 Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Mega dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 58 P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Pengarah Kepala dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Baca juga: Megawati Respon MK: Ternyata Hakim Masih Punya Hati Nurani dan Keberanian!

Selain Mega, juga dilantik Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya sebagai sekretaris, Said Aqil Siroj (anggota), Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto (anggota), Pendeta Andreas Anangguru Yewangoe (anggota), Rikard Bagun (anggota), dan Muhammad Amin Abdullah (anggota).

Sementara itu, sebagai Kepala BPIP periode 2022-2027 adalah Yudian Wahyudi dan Karjono sebagai Wakil Kepala BPIP.

Baca juga: Siang Ini, PDIP Akan Umumkan Bacakada Tahap Ketiga!

BPIP adalah lembaga yang bertanggung jawab kepada presiden, yang bertugas membantu presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

BPIP juga bertugas melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP).

Baca juga: Anies Puji PDIP Konsisten: Penjaga Konstitusi Sama dengan Penjaga Negara!

Reporter: Denny Setiawan
Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru