KSP Sebut Pembatasan Pertalite Untuk Ketahanan Energi

Reporter : Denny Setiawan
KSP Sebut Pembatasan Pertalite Untuk Ketahanan Energi

Optika.id - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Hageng Nugroho menyebutkan pengaturan pembelian BBM khusus penugasan (JBKP) seperti pertalite dan solar subsidi adalah upaya pemerintah menjaga pasokan bahan bakar dan daya beli masyarakat.

Menurut Hageng, selama ini pemerintah telah memberikan subsidi untuk menahan kenaikan harga BBM karena melonjaknya harga minyak dunia US$120 dolar per barel.

Baca juga: Pertamina Bantah Soal Kandungan RON Turun, Ini Penjelasannya

Karena terjadi selisih harga cukup lebar antara BBM subsidi dan non subsidi, membuat realisasi konsumsi BBM bersubsidi melebihi kuota yang ditetapkan.

"Pengaturan tersebut berupaya memastikan mekanisme penyaluran BBM subsidi seperti pertalite dan solar tepat sasaran. Jika tidak diatur, besar potensinya kuota yang ditetapkan selama satu tahun tidak akan cukup. Ini untuk menjaga ketahanan energi kita," ujar Hageng pada Kamis (30/6/2022).

PT Pertamina (Persero) melaporkan dari kuota yang diberikan sebanyak 23,05 juta kiloliter, konsumsi pertalite telah mencapai 80 persen di Mei 2022.

Saat ini, segmen pengguna solar subsidi telah diatur sehingga penyalurannya lebih tepat sasaran. Sementara, Pertalite segmentasi penggunanya masih sangat luas.

Baca juga: Viral Uji RON Pertalite Cuma 86, Netizen Merasa Ditipu

"Perlu diatur yang bisa mengonsumsi pertalite. Misalnya apakah mobil mewah masih boleh? Padahal mereka mampu beli non subsidi," katanya.

Hageng mengucapkan apresiasi atas inisiatif dan inovasi Pertamina Patra Niaga yang akan mengadakan uji coba penyaluran pertalite dan solar subsidi melalui sistem MyPertamina.

Hageng mengajak seluruh pihak mengawal dan mengontrol implementasi program tersebut, agar manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat.

Baca juga: Jangan Panik! BBM di Jatim Masih Aman Hingga 30 Hari ke Depan

Reporter: Denny Setiawan
Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru