Ada Gerakan Politik Bendung Anies Baswedan Agar Tak Maju Pilpres 2024?

Reporter : Seno
images - 2022-07-05T003458.189

Optika.id - Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, ada gerakan politik untuk membendung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar tidak bisa maju pada kontestasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Hal tersebut bukan isu belaka.

Ujang sudah mencium adanya operasi untuk menggagalkan langkah Anies menuju kursi RI 1.

Baca juga: Hasto Soal Pilkada Jakarta, Masukan Rakyat Masih Didengarkan!

"Jangan lupa di tingkat elite itu ada juga kelompok yang memang (berupaya) agar Anies tidak boleh nyapres, kata Ujang dalam diskusi Capres Pilihan Rakyat Anies Baswedan: Jalan Mulus atau Berliku seperti dikutip Optika.id dari akun Instagram Media Indonesia, Selasa (5/7/2022).

Ujang membeberkan, PPP (Partai Persatuan Pembangunan) sebenarnya ingin mengadakan konvensi untuk menjaring calon presiden. Dalam konvensi itu, semua kader PPP akan mendukung Anies Baswedan.

Demikian juga PAN (Partai Amanat Nasional) sejatinya akan mendukung Gubernur DKI Jakarta tersebut. Namun tiba-tiba keduanya bersama Golkar membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ketika di KIB, (PPP dan PAN) tidak bisa bergerak untuk mendukung Anies. Ketika sudah dikunci ke KIB, maka calonnya bukan Anies. Calonnya itu dari eksternal tapi bukan Anies. Kombinasi eksternal dan internal. Tapi bukan Anies, tegasnya.

Hal yang sama juga terjadi di Partai NasDem (Nasional Demokrat). Rakernas NasDem memang mengusung nama Anies Baswedan. Namun, dia mengingatkan, masih ada dua nama lain yang dijagokan NasDem. Yaitu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa.

Intinya ada kelompok oligarki yang memang mati-matian agar Pak Anies tidak bisa nyapres. Agar (Anies) tidak dapat partai. Yang penting (Anies) tidak nyalon, ungkapnya.

Saat ini, kekuatan oligarki tersebut masih terus bergerak. Yaitu bagaimana menaklukkan NasDem agar tidak mengusung Anies Baswedan. Karena itu masa depan pencapresan Anies saat ini sepenuhnya tergantung dari seberapa kuat NasDem bertahan.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Kalau NasDem beralih, tidak ke Pak Anies, agak sulit Pak Anies untuk menjadi capres, imbuhnya.

Alasannya, kata Ujang, saat ini setidaknya ada tiga poros koalisi. Pertama, PDIP yang bisa mengusung calon sendiri tanpa perlu koalisi. Kedua, KIB yang dengan tiga partai memenuhi syarat untuk mendukung capres-cawapres. Ketiga, koalisi Gerindra dan PKB.

"Kalau pada akhirnya NasDem bergabung dengan salah satu dari ketiga poros itu, Anies tidak mungkin lagi maju pada Pilpres 2024. Karena dua partai lain yang berada di luar pemerintahan, Demokrat dan PKS, tidak memenuhi presidential threshold untuk mencalonkan. Kunci bandulnya ada di NasDem, ungkapnya.

Karena itu saat ini peluang Anies tergantung bagaimana komitmen ketiga partai tersebut, terutama NasDem. Dan bagaimana lobi dan kompromi di tingkat elite dari ketiga partai politik tersebut.

Oleh karena itu itu tentu para king maker sedang mencari jalan. Pak JK (Jusuf Kalla), Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), dan Pak Surya Paloh juga akan mencari cara dan titik temu agar Pak Anies bisa nyapres, tandasnya.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Selain belum adanya partai, tantangan Anies lainnya bagi Ujang adalah, terkait pendanaan dan masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta yang akan berakhir pada Oktober tahun ini, atau sekitar 1,5 tahun sebelum Pilpres 2024.

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru