Kawal Distribusi Proyek Air Umbulan ke Masyarakat dan PT Freeport, Pemprov Jatim Bentuk Tim Enam

Reporter : Jenik Mauliddina
large-emil-dardak-ig-1001b1493875fff349efb0ed462d2261

Optika.id, Surabaya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) membentuk tim enam untuk mengawal proyek pemanfaatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan. Tim tersebut akan mengurusi hal teknis terkait distribusi air untuk masyarakat dan PT Freeport di Gresik. 

Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Umbulan dengan beberapa pihak. Mereka yakni Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Pemprov Jatim, Pemkab Gresik dan PT Freeport. 

Baca juga: BBK-4 Unair, Melatih Kelola Website Desa Hendrosari pada Karang Taruna Sebagai Bentuk Digitalisasi UMKM

Rapat koordinasi tersebut berkaitan dengan keberlangsungan investasi strategis di proyek strategis nasional di Jatim. Baik itu Java Integrated and Ports Estate (JIIPE) maupun Freeport Smelter dan juga umbulan. 

"Ini adalah suatu pertemuan yang sangat penting untuk keberlangsungan investasi strategis di proyek strategis nasional di Jawa Timur," kata Emil, Sabtu (9/7/2022). 

Emil mengatakan, rakor kali ini menjadi awal untuk menentukan keberlanjutan proyek KPBU SPAM Umbulan. Pasalnya, terdapat kesepakatan akan membentuk tim enam yang beranggotakan perwakilan dari Pemprov Jatim.

Tim tersebut terdiri atas Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jatim dan PT AB, juga dari PDAM Gresik, pengelola kawasan yaitu JIIPE, dan badan usaha KPBU yaitu META dan juga dari Freeport. 

"Tim enam ini akan segera bekerja untuk mematangkan rencana pembangunan jaringan penghubung dari Romokalisari langsung ke kawasan JIIPE menuju Freeport," ucapnya.

Baca juga: Golkar Resmi Nyatakan Dukungan untuk Khofifah pada Pilgub Jatim 2024

Dia menjelaskan bahwa, kegiatan yang akan dilakukan oleh tim enam ini adalah hal-hal yang lebih teknis. Salah satunya yakni detail pemasangan pipa sepanjang 17 km dari Romokalisari menuju kawasan smelter Freeport di dalam JIIPE. 

"Ya ini semua akan dimatangkan di tim teknis tim enam. Jadi tim enam nanti akan memastikan ketersediaan air," katanya. 

Emil Dardak berharap rakor yang telah beberapa kali dilakukan akan menghasilkan sebuah keputusan yang akan membawa kesepakatan untuk pemanfaatan SPAM Umbulan baik untuk masyarakat di Kabupaten Gresik, maupun untuk mensupport supplai air ke smelter Freeport. 

"Bagaimana ketersediaan air ini bisa mendukung Freeport dan sinergis dengan umbulan," katanya.

Baca juga: Demokrat Segera Terbitkan Surat untuk Pencalonan Khofifah-Emil

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru