Angka Positif Meningkat, Satgas Covid-19 Ingatkan Kepala Daerah Awasi Prokes

Reporter : optikaid
juru-bicara-satgas-penanganan-covid-19-prof-wiku-adisasmito_201218115500-502

Optika.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 meminta seluruh kepala daerah baik gubernur, wali kota dan bupati di seluruh Indonesia agar kembali menggalakkan pengawasan kedisiplinan protokol kesehatan (prokes) terutama di tempat umum dan pemukiman warga.

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan pengawasan dilakukan karena tingkat positif di Indonesia mengalami peningkatan signifikan dari 5,12 persen menjadi 10,05 persen atau naik hampir dua kali lipat.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Rakyat Berhak Berpartisipasi dalam Aktivitas Politik

Jika dibandingkan dengan saat puncak Omicron lalu, dalam lima minggu kenaikan hampir 17 persen. Sedangkan saat puncak Delta lalu kenaikan sembilan persen. Artinya, kenaikan tingkat positif kali ini masih lebih rendah dibanding saat puncak Omicron dan Delta, kata Wiku dalam keterangan resminya, Sabtu (13/8/2022).

Menurutnya, angka-angka positif itu mencerminkan kenaikan kasus-kasus positif di tengah masyarakat. Jumlah kelurahan/desa yang dipantau dalam satu bulan terakhir mulai terlihat menaik meski angka masih belum signifikan.

Dari total 80 ribu desa dan kelurahan di Indonesia, kata Wiku, di minggu ini hanya 2.000 (2,5 persennya) yang dipantau  kedisiplinan prokesnya.

Wiku juga menyebutkan, perlu ada penyesuaian strategi vaksinasi COVID-19 yaitu mempercepat pemerataan cakupan vaksinasi dosis terlengkap agar mencapai kekebalan optimal.

Saat ini, tugas kita bukan memastikan memastikan diri sudah divaksinasi lengkap namun juga orang-orang di sekitar kita. Karena tujuan utama kita adalah membentuk kekebalan kolektif bukan individu, paparnya.

Baca juga: Di Jepang, Pendatang dari China Wajib Tes Covid Negatif!

Satgas mengingatkan kembali bahwa vaksinasi yang membuat kebal dari penyaluran. Hal ini, kata Wiku terlihat dari data bahwa lima daerah penyumbang kasus tertinggi.

Yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Bali yang memiliki cakupan vaksinasi booster yang tidak jauh dari rata-rata nasional bahkan lebih tinggi.Karena itu, kata Wiku, diperlukan proteksi berlapis sebagai pelengkap yaitu perilaku hidup bersih dan sehat.

Diharapkan hal itu menjadi budaya yang tak lepas dari kehidupan  masyarakat sehari-hari. Untuk meningkatkan upaya penyaluran, Satgas mengeluarkan  penyesuaian kebijakan melalui SE Satgas Nomor 23 Tahun 2022 tentang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN), katanya.

Baca juga: Pemerintah Resmi Cabut PPKM, Kegiatan Keramaian Diimbau Tetap Patuhi Prokes

Reporter: Denny Setiawan

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru